Kabar Terkini

Problematika Kesehatan Indonesia dan Kontribusi Rumah Sakit Apung (Bagian 2 - Tamat)

Pasca berlakunya BPJS (1 Jan 2014), rumusan WHO tak lagi bisa dijadikan patokan mutlak. Karakter dan persoalan-persoalan yang dihadapi Indonesia sungguh unik dan berbeda dengan negara-negara lain.

Problematika Kesehatan Indonesia dan Kontribusi Rumah Sakit Apung (Bagian 1)

Menurut statistik WHO, jumlah dokter Indonesia tergolong “lumayan” untuk sebuah negara berkembang. Sayangnya, “kebenaran” ini tidak berkorelasi dengan meningkatnya status kesehatan masyarakat.

Kisah Kader Kesehatan di Distrik Wano Barat, Kabupaten Lanny Jaya, Papua

Bapak Elmus Murid (51) menggelitik keingintahuan saya mengenai kisah hidupnya sebagai tenaga kesehatan lokal di Distrik Wano Barat, Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Bapak Elmus adalah penyandang disabilitas. Di balik keterbatasan fisiknya, ia mengemban tanggung jawab yang luar biasa.

Siapa Bilang Orang Papua Seram?

“Tak kenal maka tak sayang.” Ungkapan ini sudah sangat umum dalam memulai sebuah perkenalan. Orang yang memperkenalkan diri tersebut berharap akan disayangi apabila sudah memperkenalkan diri. Demikian pula dengan saudara-saudari kita di pedalaman Papua.

Kerinduan Haroke

Hal paling menarik dalam Flying Doctors di Wandai adalah ketika saya berjumpa seorang bocah. Haroke, namanya. Ia terlihat sibuk mondar mandir dengan kaki telanjang... Entah kesibukan apa yang ia lakukan. Rasa letih sama sekali tak nampak dari wajahnya. Penasaran, saya pun mendekatinya.

Memanusiakan Masyarakat Papua

Salah seorang putra lokal dari Suku Moni, Kabupaten Intan Jaya, Papua, punya pernyataan menarik. Beliau berkata bahwa tuntutan rakyat Papua sebetulnya sederhana saja: ingin dimanusiakan. Bagi Marten Tipagau, demikian nama sang putra lokal, Flying Doctors dapat menjawab dambaan masyarakat Papua akan kegiatan yang memanusiakan manusia.

Goresan Relawan doctorSHARE: Tetaplah Berkarya!

Ketika kecil, tak pernah terselip sedikit pun keinginan untuk menjadi seorang perawat. Bukan karena tidak menyukai profesi tersebut melainkan karena tidak yakin bisa mengenyam pendidikan keperawatan mengingat saya berasal dari keluarga yang sangat sederhana dan biaya pendidikan tidaklah murah....

Mimpi Besar Maria

Namanya Maria. Wajahnya berseri. Kilat matanya menunjukkan keyakinan akan cita-citanya. Saat menulis pengalaman ini pun saya masih teringat sorot mata itu, mata yang merajut mimpi masa depan.

Menciptakan Tempat yang Lebih Baik di Bumi Kita

"Be The Change That You Wish To See In The World." (Mahatma Gandhi)

Flying Doctors dan Media doctorSHARE

Tugas media doctorSHARE adalah melakukan liputan kegiatan pelayanan medis yang dilakukan oleh tim dokter mulai dari keberangkatan hingga sepanjang kegiatan pelayanan medis, juga meliput latar belakang geografis dan sosial yang menggambarkan lingkungan pelayanan medis. Banyak orang bilang tugas media sangatlah mudah karena “hanya” mengambil gambar dan menulis berita. Siapa bilang?
  

Ayo Bergabung doctor

Temukan di Media Sosial

doctor
Yayasan Dokter Peduli
Mega Glodok Kemayoran Blok B, No.10
Jl. Angkasa Kav. B-6 Kemayoran
Jakarta Pusat 10160 INDONESIA
Telp. +6221 6586 6391
info@doctorshare.org