Program Kami
Beranda Dokter Terbang

Dokter Terbang

Dokter Terbang (Flying Doctors) pertama kali dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2015 yang bertepatan dengan program tetralogi pelayanan medis doctorSHARE. Dokter Terbang merupakan salah satu program doctorSHARE yang dibentuk untuk menjawab kebutuhan masyarakat di daerah yang hanya dapat diakses melalui udara atau jalan kaki.
 
Kebutuhan akses pelayanan kesehatan dari masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan Papua menginspirasi tim doctorSHARE untuk membentuk program ini, guna memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh RSA. Kehadiran dan dorongan dari beberapa pilot pesawat perintis yang sudah lama melayani daerah pegunungan papua juga semakin menguatkan tim doctorSHARE untuk mencetuskan program Dokter Terbang.
 
Mengapa Dokter Terbang?
Hasil survei ke beberapa lokasi pegunungan Papua dan jejak pendapat dengan masyarakat serta pihak-pihak terkait menunjukkan bahwa memang program ini yang dibutuhkan untuk menjangkau masyarakat pegunungan yang sangat butuh pelayanan. Program ini merupakan program “jemput bola” yang dapat mendukung program-program pemerintah yang belum dapat menjangkau masyarakat di daerah terpencil tersebut.
 
Target Dokter Terbang
Target dan sasaran pelayanan ini adalah masyarakat yang berada di daerah terpencil, kesulitan akses pelayanan medis, membutuhkan informasi dan dukungan yang mampu diberikan oleh program ini.
 
Kegiatan Dokter Terbang
Kegiatan yang dilakukan yaitu pengobatan umum, operasi minor, pendampingan (peyuluhan kesehatan) dan pemberdayaan masyarakat (pelatihan kader lokal). Pemetaan lokasi dan evaluasi pelayanan yang rutin dilakukan diharapkan membuat program ini berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dilayani.