Unduh

SIARAN PERS Tetralogi Pelayanan Medis doctorSHARE: Membangun Indonesia Dari Periferi

  #Siaran Pers

(JAKARTA) 16 Maret 2013 silam,  doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) melakukan pelayanan medis perdana dengan Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan ke Pulau Panggang, Kepulauan Seribu. Catatan sejarah dibuat karena inilah pertama kalinya RSA swasta pertama di Indonesia lahir dan melakukan pelayanan medis secara langsung ke masyarakat.

 

Selama dua tahun berikutnya, RSA dr. Lie Dharmawan melanglang buana ke berbagai pelosok negeri memberikan layanan medis bagi mereka yang tidak memiliki akses kesehatan karena alasan finansial maupun geografis. Puluhan pasien berhasil dioperasi di atas samudera.

 

Sepanjang tahun 2013, doctorSHARE melalui RSA dr. Lie Dharmawan berhasil melaksanakan 60 bedah mayor, 117 bedah minor, 1.630 pengobatan umum, dan penyuluhan kesehatan terhadap 1.048 warga. Tahun 2014, jumlah ini meningkat dengan 120 bedah mayor, 221 bedah minor, 6.885 pengobatan umum, dan penyuluhan kesehatan terhadap 1.048 warga.

 

Dalam rangka peringatan dua tahun pelayanan medis RSA dr. Lie Dharmawan, pada 16 Maret 2015, doctorSHARE akan melangsungkan TETRALOGI Pelayanan Medis di empat lokasi yang berbeda secara serempak di berbagai penjuru tanah air, yaitu:

1.       Pelayanan Medis RSA dr. Lie Dharmawan di Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur

2.       Pelayanan Medis di Kepulauan Nias, Sumatera Utara

3.       Pelayanan Medis di Pulau Kei, Maluku Tenggara

4.       Pelayanan Medis Flying Doctors di Kabupaten Intan Jaya, Papua

 

Dalam TETRALOGI ini, doctorSHARE akan meluncurkan program baru dalam aksi pelayanan medisnya di daerah terpencil yaitu Flying Doctors atau pelayanan medis di pedalaman Papua dengan menggunakan pesawat perintis.  

 

Pelayanan Medis di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur akan berlangsung 16 – 20 Maret 2015 dengan menggunakan RSA dr. Lie Dharmawan dalam bentuk pengobatan umum, penyuluhan kesehatan, bedah minor, dan bedah mayor. Warga di daerah ini masih sangat membutuhkan pelayanan medis oleh tenaga dokter yang selama ini minim ditemui.

 

Pelayanan medis di  Kepulauan Nias, Sumatera Utara, akan berlangsung 16 – 22 Maret 2015 dalam bentuk pengobatan umum, penyuluhan kesehatan, bedah minor, dan bedah mayor. Tim survei doctorSHARE pun mendapati bahwa warga di daerah inipun masih amat membutuhkan pelayanan medis oleh tenaga dokter.

Pelayanan medis di Pulau Kei, Maluku Tenggara akan berlangsung 16 – 17 Maret 2015 dalam bentuk pengobatan umum dan penyuluhan kesehatan mengenai gizi dalam makanan pokok penduduk Kei yaitu embal (sejenis singkong yang raginya dibuang) dan penyuluhan mengenai gizi balita yang dilakukan ahli gizi mengingat temuan beberapa balita gizi buruk belum lama ini oleh tim doctorSHARE. Selain itu, doctorSHARE juga akan mengadakan lomba masak berbahan dasar embal.

 

Pelayanan medis di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, akan dilakukan 16 – 18 Maret 2015 oleh beberapa dokter dengan menggunakan pesawat perintis, satu-satunya moda transportasi untuk mobilitas di kawasan tersebut. Hasil survei tim doctorSHARE menunjukkan bahwa kawasan ini sangat membutuhkan tenaga medis. Bentuk pelayanan medis yang akan dilakukan adalan pengobatan umum, penyuluhan kesehatan, dan bedah minor.   

 

Tetralogi Pelayanan Medis doctorSHARE 2015 yang mengusung tema “Membangun Indonesia Sehat Dari Periferi” ini melanjutkan ciri khas aksi doctorSHARE selama ini yaitu melakukan pelayanan medis dengan sistem “jemput bola” secara langsung bagi warga kawasan terpencil Indonesia, khususnya wilayah periferi yang selama ini mengalami kesulitan mengakses layanan kesehatan.  

 

Aksi tetralogi pelayanan medis ini sesuai visi doctorSHARE yaitu menyelamatkan nyawa dan meringankan penderitaan orang yang terjebak dalam krisis, sehingga mereka bisa memulihkan kemampuan untuk membangun kembali kehidupan  bermasyarakat.

 

“Melalui Tetralogi Pelayanan Medis ini, doctorSHARE berharap dapat menginspirasi individu/organisasi lainnya untuk memulai aksi nyata menjangkau masyarakat yang membutuhkan di daerah periferi, khususnya dalam bidang kesehatan,” papar pendiri doctorSHARE, dr. Lie A. Dharmawan, PhD, FICS, SpB, SpBTKV.

 

doctorSHARE juga membuka kesempatan bagi rekan-rekan media yang ingin melakukan peliputan dengan mengikuti perjalanan doctorSHARE ke empat kawasan tersebut. 

 

Informasi lebih lanjut hubungi:

media@doctorshare.org

Jika perambah/browser Anda tidak mendukung, silahkan Unduh file di sini