Unduh

SIARAN PERS Pelayanan Medis Dokter Terbang di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua (7-13 Oktober 2016)

  #Siaran Pers

Siaran Pers

 

Rencana Pelayanan Medis Dokter Terbang (Flying Doctors) doctorSHARE
di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua
7 – 13 Oktober 2016

 

(JAKARTA, 29 September 2016)

doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) bekerjasama dengan Marten Tipagau (putra daerah Intan Jaya), Pemerintah Daerah Intan Jaya, Yayasan Somatua, dan PT. Spirit Avia Sentosa (
Flying SAS) akan menyelenggarakan pelayanan medis Dokter Terbang (Flying Doctors) pada 7 – 13 Oktober 2016 di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Mengambil tema “Menjangkau Pelosok Indonesia Timur dengan Kasih”, tim Dokter Terbang beranggotakan seorang dokter spesialis bedah, dua dokter umum, seorang perawat, dan tiga relawan non medis.

Distrik Hitadipa yang berlokasi di Kabupaten Intan Jaya, merupakan kawasan pegunungan tengah Papua yang akses, infrastruktur, dan ketersediaan tenaga medisnya masih sangat terbatas. Kondisi ini menyulitkan masyarakat Intan Jaya yang sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan kualitas yang layak dan memadai.

Jenis pelayanan medis yang akan dilakukan oleh tim Dokter Terbang adalah pengobatan umum, bedah minor (bedah dengan anestesi lokal) dan penyuluhan kesehatan.

Selain pengobatan umum dan bedah minor, tim berencana mengadakan penyuluhan kesehatan secara interaktif dengan tema “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS). Pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat merupakan hal yang penting sebagai langkah preventif agar masyarakat Hitadipa tidak mudah terserang penyakit dan memiliki kualitas hidup yang baik.

Mengedepankan prinsip kearifan lokal dan pemberdayaan masyarakat, tim juga akan berbaur dengan masyarakat Hitadipa untuk mendengar cerita kehidupan sehari-hari mereka sekaligus mempelajari budaya lokal yang merupakan kekayaan khazanah Indonesia serta memetakan berbagai potensi yang ada untuk kemudian dihubungkan dengan pihak-pihak terkait agar masyarakat dapat lebih mandiri dan berkembang.

“Melalui kegiatan Dokter Terbang, doctorSHARE yang bekerjasama dengan Marten Tipagau, Pemda Intan Jaya, Yayasan Somatua, dan
Flying SAS berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Intan Jaya yang selama ini kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan karena berbagai kendala,” papar koordinator Dokter Terbang doctorSHARE, dr. Riny Sari Bachtiar, MARS.

Program Dokter Terbang pertama kali lahir pada tahun 2015. Dokter Terbang merupakan salah satu program doctorSHARE yang dibentuk untuk menjawab kebutuhan masyarakat di daerah terpencil yang tidak dapat diakses dengan program Rumah Sakit Apung (RSA).

Pelayanan medis 7-13 Oktober di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua ini merupakan kali ketujuh pelayanan medis Dokter Terbang atau kali keempat pada tahun 2016.

Berikut ini merupakan rangkaian kegiatan pelayanan medis yang dilakukan oleh tim Dokter Terbang doctorSHARE bekerjasama dengan berbagai pihak:

  1. Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua (16 – 18 Maret 2015)
  2. Distrik Gagemba dan Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua (24 – 29 Juni 2015)
  3. Distrik Ugimba, Kabupaten Intan Jaya, Papua (18 – 26 November 2015)
  4. Distrik Tisain dan Distrik Mu Satu, Kabupaten Mappi, Papua (17 – 26 Februari 2016)
  5. Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Papua (18 – 25 Mei 2016)
  6. Distrik Wano Barat, Kabupaten Lanny Jaya, Papua (2 – 5 Agustus 2016)
  7. Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua (7 – 13 Oktober 2016)

* * *

doctorSHARE atau Yayasan Dokter Peduli adalah organisasi kemanusiaan non profit yang bergerak di bidang medis. Organisasi yang berdiri sejak 19 November 2009 ini memiliki berbagai program seperti Panti Rawat Gizi, Rumah Sakit Apung, dan Dokter Terbang.

Yayasan Somatua didirikan tahun 2012 dengan tujuan memberdayakan masyarakat Papua. Yayasan Somatua terlibat kerjasama dengan berbagai organisasi sosial dalam rangka mengembangkan sektor kesehatan, pendidikan, dan ekonomi masyarakat Papua.

PT. 
Spirit Avia Sentosa (Flying SAS) merupakan maskapai yang melayani penerbangan di Papua yang mengudara sejak 7 Maret 2016 dengan mengoperasikan 3 Twin Otter dan 1 Caravan.


Jika perambah/browser Anda tidak mendukung, silahkan Unduh file di sini