Kabar Terkini

Pelayanan Medis RSA dr. Lie Dharmawan di Pulau Kei Besar, Maluku Tenggara

Setibanya di Langgiarfer, tim relawan langsung melakukan screening atau pemeriksaan awal terhadap pasien yang sudah berkumpul dan menunggu sejak pagi di Kantor Desa Langgiarfer. Beberapa pasien bahkan datang dari desa lain yang jaraknya hingga puluhan kilometer dari Langgiarfer.

Pelayanan Medis RSA dr. Lie Dharmawan di Kabupaten Mimika dan Asmat, Papua (17 – 27 Mei 2019)

Jalur laut menjadi satu-satunya akses dari dan menuju Kabupaten Asmat sehingga bergantung dengan kondisi alam. Tidak ingin membuang waktu, tim segera merubah rencana dengan melaksanakan pelayanan medis di Distrik Mimika Baru. Antusiasme masyarakat terlihat dari jumlah hadirnya masyarakat yang berobat.

Pelayanan Medis dengan RSA dr. Lie Dharmawan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (20-29 Maret 2019)

Di Pulau Mengkait saat ini tidak ada perawat dan bidan. Makanya kita ingin sekali ke sana. Di sana kami menemukan empat calon pasien untuk dibedah. Awalnya mereka hanya ingin berobat saja, tapi kemudian kami anjurkan untuk dibedah.

Membantu dengan Cara Apapun

Pertama saya mendengar dan mengenal doctorSHARE tanpa sengaja saat menonton siaran televisi. Pada waktu itu saya sempat menonton program Kick Andy yang dibawa oleh Andy F. Noya. Sekilas terdengar sedang membahas rumah sakit apung yang didirikan oleh seorang dokter.

Do Everything With Love

Tim relawan doctorSHARE melakukan pelayanan dengan menelusuri lokasi-lokasi yang membutuhkan. Tak jarang di sejumlah titik kami menemukan akses yang sulit karena jalan rusak dan terputus. Keadaan tersebut tidak menghentikan langkah tim untuk melayani masyarakat.

Memberikan yang Bisa Diberi

Saya pribadi tidak bisa memberikan materi, tapi masih punya sedikit waktu dan sedikit ilmu yang bisa diberikan, memberikan yang bisa diberi. Bergabung dengan doctorSHARE adalah proses belajar saling memahami dan mengenal berbagai macam budaya di Indonesia.

Panggilan untuk Melayani

Ketika kami tanya mengapa ibu itu menangis, ibu itu menjawab, “Saya tidak punya uang untuk pulang naik ojek.” Mendengar jawaban ibu itu, hati saya terenyuh, saya hampir meneteskan air mata. Benar apa yang selalu dikatakan dr. Lie.

Jalan - Jalan Penuh Drama

Perjalanan menuju Pulau Mayau menggunakan RSA memakan waktu sekitar 16 jam. Saat perjalanan pulang RSA dihantam badai dahsyat, seketika saya pasrah akan takdir jika terjadi sesuatu. Doa terus diucapkan dari para relawan sampai akhirnya ada pertolongan dari kapal berbendera Hong Kong.

Menjaga RSA Tetap dalam Kondisi Prima

Faktor alam serta perjalanan panjang mengharuskan RSA dr. Lie Dharmawan selalu dalam kondisi yang baik. Perawatan dan perbaikan RSA dilakukan rutin setiap tahunnya guna mendukung pelayanan medis di penjuru Indonesia.

Ultrasonografi Sebagai Stetoskop Masa Depan

Kecanggihan dalam bidang teknologi komunikasi kini diadaptasi pada pemeriksaan USG. Pemeriksaan dapat dilakukan pada daerah terpencil dan bahkan sampai luar angkasa. Pasien yang berada di tempat yang jauh dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan para ahli saat pemeriksaan untuk menganalisa dan menegakkan diagnosis pasien.
  

Temukan di Media Sosial

doctor
Yayasan Dokter Peduli
Mega Glodok Kemayoran Blok B, No.10
Jl. Angkasa Kav. B-6 Kemayoran
Jakarta Pusat 10160 INDONESIA
Telp. +6221 6586 6391
info@doctorshare.org