doctorSHARE-Brimob Polri Pecahkan Rekor Dunia

doctorSHARE-Brimob Polri Pecahkan Rekor Dunia

16 Oktober 2011

Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan. Prestasi ini diraih doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) dan Brimob Polri yang memprakarsai dan menyelenggarakan bakti sosial pengobatan gratis dalam rangkaian HUT ke-66 Brimob Polri yang akan jatuh pada 14 November mendatang.

 

Acara bakti sosial pengobatan gratis ini berlangsung pada 15 Oktober 2011 bertempat di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok dengan melibatkan sukarelawan doctorSHARE yang terdiri dari 188 dokter dan 162 tenaga non dokter serta 900 sukarelawan Mako Brimob.

 

Peserta pengobatan gratis yang datang dari berbagai penjuru Jakarta, Depok, Bogor, dan sebagainya sudah memenuhi lapangan Mako Brimob sejak pk 08.00 WIB. Peserta terus berdatangan dan memeriksakan dirinya dengan antusias pada posko dokter dan apotik yang terbagi menjadi empat bagian (warna): biru, hijau, pink, dan kuning.

 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya ingin sembuh. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini akan terus ada,” papar Tuti, salah seorang warga asal Cikeas yang datang memeriksakan diri ke posko pengobatan gratis.

 

Peserta lain asal Bogor, Hasan, mengungkapkan hal senada. Bapak berusia cukup lanjut yang datang bersama rombongan satu desa ini menuturkan dirinya sudah cukup lama menderita batuk pilek dan batuk berdarah. “Saya ingin menjadi lebih sehat. Saya ucapkan terima kasih pada doctorSHARE dan Brimob yang sudah mengadakan acara ini,” tuturnya.

 

Tim medis dengan semangat melayani para peserta meski cuaca sangat terik. Proses pemeriksaan hingga pemberian obat di apotik berjalan lancar.

 

Seiring dengan atusiasme warga, hingga pk 15.15 WIB tim doctorSHARE dan Brimob Polri sudah memeriksa 12.380 peserta. Dengan angka ini, doctorSHARE dan Brimob Polri berhasil memecahkan MURI sekaligus Rekor Dunia sebagai pemrakarsa dan penyelenggara pengobatan gratis dengan peserta terbanyak.

 

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua Umum MURI, Jaya Suprana, pada Kepala Bagian Korps Brimob Irjen Pol. Drs. Syafei Aksal sebagai pemrakarsa dan Dr. Lie A. Dharmawan Ph.D, FICS, Sp.B, Sp. BTKV sebagai penyelenggara pengobatan gratis dengan peserta terbanyak yakni 12.380 orang.

 

“Brimob Polri dan doctorSHARE bukan hanya memecahkan MURI tapi juga rekor dunia sebagai pemrakarsa dan penyelenggara pengobatan gratis dengan peserta terbanyak. Tidak pernah ada kerjasama besar seperti yang terjadi hari ini antara doctorSHARE dan Brimob Polri. Peristiwa ini hanya dapat terjadi di Indonesia,” jelas Jaya Suprana.

 

Meski telah meraih prestasi sangat membanggakan, baik doctorSHARE maupun Brimob Polri sepakat bahwa meraih MURI bukanlah tujuan utama. Dr. Lie A. Dharmawan yang mewakili doctorSHARE berkata bahwa prestasi ini bukan untuk gagah-gagahan.

 

“Rekor dunia bukan tujuan akhir. Rekor membantu meningkatkan kepercayaan diri bahwa doctorSHARE sudah berada di jalur yang benar dan kami dapat mencapainya,” ujar Dr. Lie.

 

Ketua Penanggungjawab Acara, Kepala Bagian Korps Brimob Irjen Pol. Drs. Syafei Aksal menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis Polri untuk melayani masyarakat dengan baik.

 

“Pada prinsipnya, tugas polisi tidak mungkin berhasil tanpa bantuan masyarakat. Penghargaan ini menjadi motivasi, bukan tujuan utama. Tujuan utama Brimob adalah membantu masyarakat. Namun pecahnya rekor membuat saya bangga sebagai anggota Brimob,” jelas Ketua Panitia HUT ke-66 Brimob Polri, Kombes Pol. Drs. Hasanuddin, SH, MH.     

    

Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari para dokter sukarelawan yang tergabung dalam doctorSHARE. dr. Susanna ESDT yang menjadi salah seorang koordinator lapangan mengaku senang dan puas. Ia berharap doctorSHARE dapat kembali memecahkan rekor dunia dan dapat bekerjasama dengan kalangan yang lebih luas.

 

Senada dengan dr. Susanna ESDT, dokter lainnya yang menjadi koordinator lapangan, dr. Lea Grace Shalmont menyatakan bahwa baksos kali ini merupakan pencapaian yang sungguh luar biasa. “Saya bangga menjadi anggota keluarga doctorSHARE. Saya berharap doctorSHARE dapat lebih memberkati banyak orang,” ucapnya.

 

Kegiatan pengobatan gratis yang diliput wartawan dari berbagai media ini diikuti pembagian susu-snack yang dimeriahkan iringan panggung hiburan musik live full-band Brimob dan atraksi terjun payung tim Brimob yang membawa bendera Brimob dan doctorSHARE. Atraksi ini cukup menyedot perhatian peserta yang saat itu berada di lapangan Mako Brimob.