MURI, Rekor Dunia, dan doctorSHARE

MURI, Rekor Dunia, dan doctorSHARE

7 Nopember 2011

Oleh Dr. Lie A. Dharmawan Ph.D, FICS, Sp.B, Sp. BTKV*

 

Baru-baru ini pada 15 Oktober 2011, doctorSHARE bekerjasama dengan Brimob memecahkan MURI dalam kategori pemeriksaan dan pengobatan gratis dengan jumlah peserta terbesar di satu tempat pada hari yang sama. Kegiatan ini melibatkan 188 dokter, 186 relawan, dan 900 anggota Brimob.

 

Pengobatan gratis bagi ribuan penduduk Jabodetabek ini bertujuan menghimpun tenaga medis, para medis, dan relawan non medis lainnya dalam sebuah gerakan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan bantuan.

 

Dalam tempo tiga hari sejak pendaftaran tenaga sukarelawan dibuka melalui jejaring sosial Facebook, lebih dari 200 orang tenaga medis yang dengan sukarela mau berpartisipasi membanjiri email kami untuk mendaftar.

 

Kapasitas tenaga yang dibutuhkan lebih dari cukup. Akibatnya, kami terpaksa menutup pendaftaran. Ini membuktikan bahwa rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama sangatlah tinggi. Kepedulian dan kerelaan berbagi pada sesama juga masih terasa kental.

 

Baksos MURI 2011 ini pun kami laksanakan pada 15 Oktober 2011 mulai pk 08.00 WIB. Pelayanan pengobatan gratis yang melibatkan 188 dokter, 186 relawan, dan 900 anggota Brimob ini dibagi dalam empat tim yaitu tim hijau, kuning, biru, dan pink.

 

Bertindak sebagai koordinator lapangan (korlap) tim hijau adalah dr. Lea Grace Shalmont, tim kuning dengan korlap dr. Susanna Ernawati, tim biru dengan korlap dr. Delisusanti, dan tim pink dengan korlap dr. Edward Susanto.

 

Pada pk 15.15, jumlah pasien yang telah ditangani mencapai 12.380 orang. Ini merupakan pemecahan rekor lama yang dicatat Rekor MURI pada tanggal 2 Maret 2008 oleh orang-orang yang sama.

 

Menurut ketua MURI, Bapak Jaya Suprana, pencapaian ini bukan hanya memecahkan Rekor MURI namun sekaligus menciptakan Rekor Dunia (World Record).

 

Sebelumnya, doctorSHARE memang sudah rutin melakukan kegiatan-kegiatan bakti sosial di berbagai penjuru tanah air dalam berbagai kesempatan. doctorSHARE telah melangsungkan bakti sosial di ujung barat hingga Timur mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Yogyakarta, hingga Nusa Tenggara dan Maluku.

 

Khusus kegiatan bakti sosial dalam rangka HUT Brimob ini, kami adakan bukan untuk gagah-gagahan namun hendaknya dimengerti sebagai perangsang agar ke depan lebih banyak organisasi yang mau melakukan hal serupa.

 

Dengan demikian, akan ada lebih banyak lagi saudara-saudara kita dapat memperoleh layanan medis yang sangat mereka butuhkan. Kami persembahkan karya ini bukan hanya bagi diri kami sendiri tapi bagi Indonesia.

 

Mendapat  MURI apalagi Rekor Dunia bukanlah tujuan akhir dari doctorSHARE. Kami akan terus berkarya demi anak-anak kita, demi masa depan bangsa yang lebih baik.

 

* Penulis adalah pendiri doctorSHARE dan ketua penyelenggara baksos MURI doctorSHARE-Brimob 2011