Pelayanan medis doctorSHARE Bersama PT Astra Internasional di Makassar (19 November 2017)

Pelayanan medis doctorSHARE Bersama PT Astra Internasional di Makassar (19 November 2017)

22 Nopember 2017

doctorSHARE kembali melangsungkan pelayanan medis di Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu, 19 November 2017. Pada pelayanan medis kali ini doctorSHARE bekerja sama dengan PT Astra Internasional. Pelayanan medis merupakan salah satu kegiatan dalam acara yang bertajuk “Festival Kesehatan Astra”. Acara ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun PT Astra Internasional ke-60. Anjungan Pantai Losari dipilih sebagai pusat acara ini.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung dalam pelayanan medis diantaranya pengobatan umum, penyuluhan kesehatan, dan bedah minor di Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan. Ketiga kegiatan tersebut berjalan dalam waktu yang sama, masing-masing kegiatan sudah ada dokter dan perawat yang siap melayani.

Berdasarkan laporan dari Koordinator Pengobatan Umum, dr. Karnel Singh menyebutkan jumlah pasien pengobatan umum yaitu 499 pasien. Adapun empat penyakit terbanyak diantaranya Hypercholesterolemia (Kolesterol tinggi), Myalgia (Nyeri otot), Hipertensi, dan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). 

Kegiatan bedah minor berlangsung di RSA dr. Lie Dharmawan yang berlabuh tidak jauh dari Anjungan Pantai Losari. Pasien yang hendak dan sudah melaksanakan bedah minor, diantar menggunakan sekoci yang disediakan. Jarak RSA dr. Lie Dharmawan hanya sekitar 15 meter dari bibir dermaga, sehingga tidak menyulitkan mobilitas pasien bedah minor.

Koordinator Bedah Minor, dr. Debby Kurniawati Adi Saputra menyebutkan ada empat pasien bedah minor. “Ada empat pasien bedah minor. Keempat pasien memiliki kasus bedah yang berbeda diantaranya Soft Tissue Tumor, Veruca Vulgaris (Kutil), Ganglion, dan Lipoma,” kata dr. Debby.

Setelah pemeriksaan oleh dokter, pasien pengobatan umum mengambil obat di apotek. Sembari menunggu obat disiapkan, pasien mendapat penyuluhan kesehatan mengenai Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dokter yang bertugas sebagai penyuluh, dr. Posti Siswati menjelaskan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dengan pasien.

Pelayanan medis di Makassar memanfaatkan momen Car Free Day (CFD) di sekitar Pantai Losari. Banyak masyarakat beraktivitas di luar rumah pada momen tersebut. Kegiatan dimulai pukul 07:00 WITA dan berakhir pukul 11:00 WITA. Antusias masyarakat terlihat dari jumlah masyarakat datang ke acara ini. Tidak sedikit masyarakat yang datang bersama dengan anggota keluarganya.

Selain pengobatan gratis, acara Festival Kesehatan Astra menyediakan fasilitas donor darah untuk masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya. Acara diramaikan pula dengan jajaran stan-stan yang menampilkan berbagai produk makanan sehat dari Makassar. Hiburan musik dan tarian di panggung utama memeriahkan serta menjadi magnet dalam acara ini.

* * *