Pelayanan Medis doctorSHARE Bersama Star Energy di Kepulauan Anambas (8-11 Desember 2017)

Pelayanan Medis doctorSHARE Bersama Star Energy di Kepulauan Anambas (8-11 Desember 2017)

15 Desember 2017

Oleh: Panji Arief Sumirat

doctorSHARE bekerja sama dengan Star Energy melangsungkan pelayanan medis di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau pada 8-11 Desember 2017. Dalam pelayanan medis kali ini doctorSHARE menerjunkan sembilan orang relawan medis dan seorang relawan non-medis.

Mulanya jumlah relawan yang akan turut serta ada 16 orang. Akibat cuaca buruk, pesawat yang ditunggangi enam orang relawan dari Tanjung Pinang tidak bisa mendarat di Anambas. Meskipun jumlah tim berkurang kegiatan tetap berjalan sesuai rencana awal. Tim dibantu sejumlah tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Rangkaian kegiatan pelayanan medis di Anambas diantaranya penyuluhan kesehatan, pelatihan tenaga medis lokal, pengobatan umum, dan bedah minor. Kegiatan dilaksanakan di dua pulau berbeda yaitu Pulau Siantan dan Pulau Matak. Setibanya di Anambas tim disambut oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris beserta stafnya. Harapan untuk kelancaran kegiatan disampaikan saat menyambut tim doctorSHARE dan Star Energy.

"Saya berharap kegiatan ini berjalan lancar dan berkelanjutan. Semoga masyarakat Anambas bisa memanfaatkan kegiatan ini," ucap Abdul.

Seusai penyambutan, tim bergerak menuju Puskesmas Tarempa di Pulau Siantan. Tim segera melangsungkan pengobatan umum di hari pertama (8/12). Keesokan harinya tim melanjutkan kegiatan pengobatan umum ditambah bedah minor. Total pasien di Puskesmas Tarempa berjumlah 70 pasien pengobatan umum dan 17 pasien bedah minor.

Pada 10-11 Desember 2017 kegiatan berpindah ke Puskesmas Palmatak di Pulau Matak. Kegiatan yang dilaksanakan masih sama yaitu pengobatan umum dan bedah minor. Berdasarkan data rekap pasien, ada 167 pasien pengobatan umum dan 54 pasien bedah minor.

Koordinator Pengobatan Umum, dr. Gladies Theresye Gosal mencatat total pasien pengobatan umum dalam pelayanan medis di Anambas yaitu 237 pasien. Adapun dua penyakit terbanyak adalah Hipertensi (darah tinggi) dan kolesterol tinggi. Koordinator Bedah Minor, dr. Lia Fristka menyebutkan total pasien bedah minor yaitu 71 pasien. Kasus yang paling banyak ditangani dalam bedah minor yaitu Sirkumsisi (khitanan), Nevus Pimentosus (tahi lalat), dan Kista Aterom.

Penyuluhan Kesehatan dan Pelatihan Tenaga Medis Lokal.

Selain pengobatan umum dan bedah minor, dua kegiatan lain terlaksana dalam waktu yang sama, di tempat yang berbeda. Dua kegiatan tersebut yaitu penyuluhan kesehatan dan pelatihan tenaga medis lokal. Sabtu (9/12) penyuluhan dan pelatihan dilaksanakan di Kecamatan Siantan Selatan. Materi penyuluhan yang disampaikan mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penyakit malaria. Peserta penyuluhan adalah kader-kader kesehatan di kecamatan tersebut.

"Peserta penyuluhan ada sekitar 50 orang. Ada 30 peserta dari kader desa siaga dan posyandu, sisanya kader PKK dari desa dan kecamatan," kata Sofiani Srilagogo, Staf Kesling Kesjaor Dinkes Anambas.

Seusai penyuluhan kesehatan, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan untuk tenaga medis lokal. Materi pelatihan yaitu tentang pemeriksaan golongan darah. Setelah mendapatkan teori, peserta diminta mengaplikasikan ke pelajar yang ada di wilayah tersebut. Seusai pelatihan, puluhan pelajar SMP dan SMA di Kecamatan Siantan Selatan berkumpul menunggu pemeriksaan golongan darah.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Desa Piabung, Kecamatan Palmatak pada Minggu (10/12). Penyuluhan dan pelatihan di Kecamatan Palmatak diikuti oleh sekitar 30 peserta. Antusiasme tinggi peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan saat sesi tanya jawab.

Manager Procurement & Government Relations Star Energy, Yudi Pringadi mengatakan secara keseluruhan pelayanan medis doctorSHARE bersama Star Energy di Kepulauan Anambas berjalan sukses.

"Kami berharap bahwa kegiatan baksos bersama doctorSHARE di Tarempa dan Palmatak bermanfaat bagi masyarakat sekitar terutama dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Program baksos kali ini merupakan bukti nyata Star Energy dalam komitmen melaksanakan program CSR di wilayah operasi Kabupaten Kepulauan Anambas." tutur Yudi.

* * *