Renovasi RSA dr. Lie Dharmawan di 2018

Renovasi RSA dr. Lie Dharmawan di 2018

23 Maret 2018

Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan terus berlayar dari satu tempat pelayanan medis ke tempat lainnya pada 2017. Berbagai kondisi ombak, angin, dan cuaca dijumpai selama pelayaran berlangsung. Wilayah Indonesia bagian timur masih menjadi konsentrasi program pelayanan medis RSA dr. Lie Dharmawan.

Tujuh lokasi pelayanan medis disinggahi RSA dr. Lie Dharmawan sepanjang 2017. Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju lokasi pelayanan medis perdana di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, dan Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Morotai dan Pulau Mayau, Provinsi Maluku Utara. Diakhiri di Banda Neira dan Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

RSA dr. Lie Dharmawan berlayar kembali ke Jakarta pada penghujung 2017. Selama sandar di Jakarta, berbagai renovasi bagian kapal dilakukan. Poin-poin perbaikan RSA dr. Lie Dharmawan pada 2018 diantaranya:

Perbaikan mesin

  • Overhaul mesin utama (main engine) RSA dr. Lie Dharmawan. Overhaul mesin adalah pembongkaran mesin dan memeriksa seluruh komponen di dalam mesin. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan performa atau merekondisi mesin. 
  • Perbaikan auxiliary engine. Auxiliary engine berfungsi sebagai mesin pembangkit listrik. Kebutuhan listrik di RSA dr. Lie Dharmawan disediakan dari dua auxiliary engine yang dinyalakan bergantian dan terjadwal.
  • Pemasangan jangkar baru dan bracket jangkar yang dihubungkan dengan mesin penarik jangkar.

Eksterior

  • Perbaikan bagian luar dimulai dari penambalan bagian fiber yang rusak akibat gesekan atau benturan.
  • Pengecatan ulang bagian lambung dan geladak/deck kapal. 
  • Pengerokan Teritip di lambung kapal. Teritip adalah hewan laut bercangkang ukuran 2,5 – 75 sentimeter yang biasanya hidup di perairan dangkal atau area pasang surut laut. Jika sudah menempel, teritip akan menghabiskan seumur hidup di tempat yang sama. Sebelum penambahan lapisan fiber dan pengecatan biasanya teritip digerinda terlebih dahulu agar lepas dari lambung kapal.

Interior

  • Pemasangan lantai berbahan dasar vinyl di kamar operasi. Penggunaan lantai vinyl dianggap paling tepat untuk diaplikasikan di lantai RSA dr. Lie Dharmawan. Lantai vinyl memiliki karakter yang ringan, lentur, tahan terhadap guncangan, dan mudah perawatannya.
  • Pengecatan ulang lantai di koridor-koridor kapal.

Fasilitas Penunjang

  • Perbaikan meja operasi. Sebelumnya hidrolik meja tidak berfungsi dengan baik, tidak bisa dinaik-turunkan dan ditekuk. Saat ini sudah diperbaiki seperti fungsi awalnya.
  • Kalibrasi alat-alat kesehatan. Kalibrasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukan alat ukur dan bahan ukur. Kalibrasi alat kesehatan berguna untuk menguji dan mengembalikan keakuratan sesuai standar.

Perbaikan mesin dan eksterior RSA dr. Lie Dharmawan kali ini dibantu oleh PT Samudera Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran, transportasi, dan logistik. Setelah perbaikan di Jakarta, RSA dr. Lie Dharmawan berlayar ke Semarang untuk docking di galangan kapal milik PT. Samudera Indonesia. Material lantai vinyl serta pengaplikasian pada kamar operasi RSA dr. Lie Dharmawan dibantu oleh PT. Rukuncipta Sukses, perusahaan yang fokus pada penjualan dan instalasi material bangunan berkualitas premium.

Renovasi RSA dr. Lie Dharmawan bertujuan agar kapal selalu dalam kondisi prima dan siap kembali melayani masyarakat Indonesia pada 2018. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur serta relawan yang telah mendukung kelangsungan program-program kami. Kami terus mengembangkan berbagai program demi mewujudkan Indonesia yang lebih sehat.

* * *