Pelayanan Medis Flying Doctors di Pulau Miangas, Sulawesi Utara  (11 – 19 Agustus 2018)

Pelayanan Medis Flying Doctors di Pulau Miangas, Sulawesi Utara (11 – 19 Agustus 2018)

30 Agustus 2018

Oleh: Koordinator Program Flying Doctors, Devrila Muhamad Indra

Program Flying Doctors (Dokter Terbang) kembali dilaksanakan di Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada 11 - 19 Agustus 2018. doctorSHARE menjalin kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya Pemkab Kepulauan Talaud, Universitas Sam Ratulangi, dan tenaga spesialis bedah dari RSUP Kandou Sulawesi Utara. Jumlah relawan yang bergabung dalam pelayanan medis adalah sembilan orang.

‘Sehat dan Merdeka Ciri Para Pejuang Bangsa’ menjadi tema pelayanan medis di pulau paling utara Indonesia ini. Pada 12 Agustus 2018 tim tiba di Pulau Miangas dan melakukan persiapan yang dibantu oleh masyarakat setempat, serta tim Nusantara Sehat untuk melakukan screening pasien bedah minor yang akan menjalani tindakan operasi pada tanggal 13 - 16 Agustus 2018.

Tim melakukan tindakan kepada 14 pasien bedah minor dengan kasus terbanyak diantaranya Lipoma, Kista Ateroma, dan Ganglion. Selain bedah minor, tim juga memberi pengobatan umum kepada 160 pasien. Kasus terbanyak yang ditemui saat pengobatan umum adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Myalgia, Hipertensi, Gastritis, dan Tinea. Pemeriksaan gigi dan mulut turut dilaksanakan dalam pelayanan Flying Doctors kali ini.

Setelah melakukan kegiatan pelayanan medis, tim juga memberikan pelatihan singkat mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD), luka akut kronik, dan drowning (tenggelam) kepada para petugas Puskesmas Miangas. Pelatihan dihadiri oleh 11 tenaga kesehatan dari Puskesmas Miangas dan lima orang anggota Nusantara Sehat. Pelatihan ini dipandu oleh dr. Nico Lumintang, dr. Erikson, dan dr. Gerarrd dari Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Tim relawan sempat mengikuti upacara bendera pada 17 Agustus 2018 di Pulau Miangas. Momen ini merupakan kesempatan berharga bagi Tim Flying Doctors. Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73 ini dihiasi dengan malam obor yang diikuti oleh para masyarakat, instansi pemerintahan, dan anggota TNI dan Polri. Semuanya membawa obor dan berkeliling permukiman sambil menyanyikan lagu-lagu nasional. 

Dokter spesialis bedah dalam pelayanan medis di Pulau Miangas, dr. Nico Lumintang merasa bahagia mengikuti upacara di pulau paling utara negeri ini. Sebagai warga Manado, Sulawesi Utara beliau sering membaca berita mengenai upacara bendera di Pulau Miangas. Barulah kali ini beliau mendapati dirinya sendiri ada di tengah masyarakat Pulau Miangas untuk mengikuti secara langsung.

“Terasa lengkap dan khidmat rasanya mengikuti pengibaran bendera di sini, lengkap dengan ritual-ritual dari petugas penjaga perbatasan,” ujar dr. Nico.

Kepala Puskesmas Miangas, Albert Nusa menyatakan sangat senang dengan kedatangan tim doctorSHARE. Menurutnya sejak akhir tahun kemarin tidak ada dokter umum yang bertugas di Miangas. Ada enam anggota Nusantara Sehat yang bertugas namun tidak ada dokter umum. Beliau mengaku terbantu dengan program pelayanan tim Flying Doctors.

“Senang sekali doctorSHARE dapat berkunjung kesini melengkapi Dinas Kesehatan Provinsi yang memang tiga bulan sekali melakukan pelayanan di sini, tapi memang kelemahannya adalah dengan terhentinya pembangunan Puskesmas Miangas dan tidak adanya dokter,” tutur Albert.

* * *