Pelayanan Medis untuk Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Pelayanan Medis untuk Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah

6 Oktober 2018

Gempa bumi yang disusul tsunami melanda wilayah Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah pada 28 September 2018. Bencana tersebut memorak-porandakan pemukiman dan melumpuhkan kegiatan masyarakat. Dikutip dari IDN Times, setelah tujuh hari pasca-bencana korban jiwa mencapai 1558 orang.

“Pengungsi (berjumlah) 70.821 di 147 titik, korban luka 2.549 orang, korban hilang 113, korban tertimbun 152, rumah rusak 65.733,” kata Kapengdam XIII/Merdeka Kolonel M. Thohir dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times pada Kamis (4/10).

Seminggu berselang setelah gempa bumi dan tsunami, masyarakat membutuhkan berbagai bantuan mulai dari makanan, tempat tinggal, pakaian, hingga layanan kesehatan. Melihat kebutuhan tersebut doctorSHARE sebagai organisasi yang fokus pada pelayanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan, menerjunkan relawan untuk bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Pada Kamis (4/10) tim relawan doctorSHARE berangkat ke Palu melalui Makassar. Tim sempat menemui kendala transportasi dari Makassar ke Palu karena masih terbatasnya akses. Jumat (5/10) sore tim berhasil sampai di Palu melalui penerbangan komersil. Persiapan dan koordinasi segera dilakukan guna menentukan lokasi di titik yang membutuhkan layanan kesehatan. Rencananya pelayanan medis di Palu akan berlangsung hingga 11 Oktober 2018.

Rumah Sakit Apung Nusa Waluya II

Melihat keadaan setelah bencana di Sulawesi Tengah, doctorSHARE berencana menempatkan Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II di Palu. RSA Nusa Waluya II akan menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat terdampak bencana. Saat ini RSA Nusa Waluya II sedang dipersiapkan untuk berlayar dari Balikpapan ke Palu pada akhir Oktober.

Kegiatan yang akan dilaksanakan dengan RSA Nusa Waluya II yaitu rehabilitasi kesehatan pasca-bencana seperti pengobatan umum, operasi minor, dan operasi mayor. Selain itu, penanganan trauma psikis pasca-bencana serta penyuluhan kesehatan juga menjadi fokus doctorSHARE dalam melayani masyarakat terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

Kami membuka kesempatan untuk sahabat doctorSHARE dalam mendukung kegiatan pelayanan medis di Sulawesi Tengah melalui donasi. Donasi bisa dilakukan melalui transfer ke BCA 198.550.7777 atas nama Yayasan Dokter Peduli dengan keterangan Peduli Gempa Palu. Sahabat juga bisa donasi melalui akun Paypal doctorSHARE dengan klik link ini.

* * *