Kabar Terkini
Membantu dengan Cara Apapun

Membantu dengan Cara Apapun

5 April 2019

Oleh: Yudi

Pertama saya mendengar dan mengenal doctorSHARE tanpa sengaja saat menonton siaran televisi. Pada waktu itu saya sempat menonton program Kick Andy yang dibawa oleh Andy F. Noya. Sekilas terdengar sedang membahas rumah sakit apung yang didirikan oleh seorang dokter. Dokter tersebut dijuluki dokter gila. Beberapa waktu setelahnya saya ada perlu untuk memeriksakan kondisi kesehatan saya. Hasil pemeriksaan merekomendasikan saya untuk melakukan operasi.

Saya dan istri segera mencari dokter yang terpercaya untuk proses operasi saya kali ini. Setelah mencari, istri saya mendapatkan beberapa rekomendasi dokter dan salah satunya bernama dr. Lie Dharmawan. Sekilas saya teringat kembali, sepertinya saya pernah mendengar nama dr. Lie Dharmawan yang tidak lain dari acara Kick Andy. Saya segera mencari informasi dokter dengan julukan dokter gila itu karena idenya membuat rumah sakit di atas kapal.

Singkat cerita saya bertemu dengan dr. Lie dan konsultasi dengan beliau. Seusai konsultasi kesehatan, saya sempatkan bertanya mengenai doctorSHARE namun tidak lama karena waktu yang sedikit. Proses operasi yang dilakukan oleh dr. Lie berjalan lancar, saya masih bertanya-tanya mengenai doctorSHARE. Internet menjadi media saya mencari info lebih banyak mengenai doctorSHARE. Ketika membuka halaman web dari doctorSHARE, ada kesempatan untuk menjadi relawan.

Saya coba diskusi dengan istri saya untuk mengajukan diri menjadi relawan di doctorSHARE. Satu bulan setelah mengajukan diri melalui web, akhirnya saya diundang untuk wawancara. Saya bertemu dengan relawan lain diantaranya kak Maria, Sylvie Tanaga, Fransiska, Sirikit, dan lain-lain. Mereka menjelaskan program-program yang dilaksanakan oleh doctorSHARE. Dari situ saya mengerti bahwa relawan dengan latar belakang non-medis seperti saya bisa menjadi relawan di doctorSHARE.

doctorSHARE menerima semua latar belakang pendidikan dan profesi selama memiliki niat untuk membantu dan menolong.Latar belakang dan fokus bidang saya adalah Event & Wedding Organizer. Pada akhirnya saya bisa berkontribusi langsung saat ulang tahun doctorSHARE ke-7. Ulang tahun doctorSHARE ke-7 diselenggarakan di Jetski Cafe, Jakarta Utara. Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan dan RSA Nusa Waluya I dihadirkan untuk sesi Hospital Visit di acara tersebut.

Kesempatan kedua membantu doctorSHARE saat dr. Lie meminta saya untuk membantu acara peluncuran buku biografinya. Buku “Dokter di Jalan Kemanusiaan: Biografi Lie A. Dharmawan” menjadi rangkuman kisah hidup dr. Lie dari kecil hingga sampai sekarang. Saya bersama relawan doctorSHARE lainnya membantu mengatur berjalannya peluncuran buku biografi dr. Lie. Beberapa kali saya mendapat kesempatan lain untuk membantu doctorSHARE. Diantaranya melalui kegiatan pencarian dana di acara-acara tertentu.

Biasanya relawan doctorSHARE membuka booth untuk sosialisasi dan mencari dana untuk kegiatan. Kegiatan tersebut sering diadakan saat akhir pekan dan terkadang sulit untuk membantu karena waktunya berbenturan dengan kegiatan saya. Menurut saya doctorSHARE memiliki tujuan yang jelas yaitu untuk misi kemanusiaan. Saya melihat doctorSHARE bersama relawan melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan.

Masyarakat yang dituju adalah masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas-fasilitias kesehatan, baik karena jarak yang jauh maupun karena tidak ada biaya. Perlu disadari bahwa program-program doctorSHARE memang membutuhkan biaya yang besar. Uluran bantuan dalam bentuk apapun sangat membantu doctorSHARE untuk menjalankan misi kemanusiaan. Bantuan yang diberikan tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya menjadi bagian dalam doctorSHARE. Walaupun tidak terlalu sering membantu kegiatan doctorSHARE, saya hanya bisa memberikan sedikit dan mendoakan semoga doctorSHARE menjadi berkat untuk banyak orang. Seperti apa yang ditanamkan oleh pendirinya, seorang yang menurut saya benar-benar menjalankan visi dan misi seorang dokter.

* * *

Goresan Relawan

Panggilan untuk Melayani