Program Kami
Beranda Membuka Akses Kesehatan

Membuka Akses Kesehatan

Pendampingan Kesehatan bagi Masyarakat

Dalam usaha mewujudkan masyarakat yang sehat, sangat perlu dilakukan program-program untuk menjamin bahwa masyarakat mampu secara mandiri menjaga kesehatan pribadi dan keluarganya, sehingga tidak perlu bergantung kepada layanan kesehatan yang mungkin sulit diakses ataupun tidak terjangkau.

doctorSHARE berupaya memberikan aneka jenis pendampingan kesehatan sebagai tindakan preventif. Tujuan utamanya adalah memberdayakan partisipasi aktif masyarakat sejak dini dalam menjaga kesehatan diri dan keluarganya supaya mereka terhindar dari resiko sakit.

Dalam mewujudkannya, doctorSHARE antara lain menjalin kerjasama dengan Care Channels International Indonesia (CCI Indonesia) dalam memberikan penyuluhan kesehatan warga Pasar Baru Tangerang, Kampung Sawah Semper, dan Cempaka Mas, Jakarta, sejak Februari 2010.

Penyuluhan disampaikan secara interaktif pada orang tua dan anak-anak terkait berbagai isu kesehatan mulai dari cara mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar, hingga penjelasan aneka ragam penyakit dan cara pencegahannya seperti demam berdarah, diare, HIV/AIDS, dan lain sebagainya.

Program pemdampingan ini dipadukan dengan akses sarana kesehatan seperti pengobatan cuma-cuma, pemberian makanan bergizi, vitamin, dan obat cacing.

Kampanye Medis

doctorSHARE aktif menurunkan laporan medis, buletin, dan artikel tentang masalah gizi dan kesehatan Indonesia untuk mengampanyekan masalah dan solusi kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Kampanye ini dilakukan secara langsung kepada masyarakat, melalui website, maupun media massa dan media sosial (Facebook, Twitter, Instagram).

Pengobatan Cuma-cuma & Bedah Mayor/Minor

doctorSHARE secara berkala melakukan kegiatan pengobatan gratis bagi ­masyarakat pra-sejahtera di berbagai tempat, baik di kota besar maupun di daerah terpencil. Sampai saat ini, pelayanan medis yang dilakukan terdiri dari pengobatan umum, bedah minor, dan bedah mayor. doctorSHARE merencanakan untuk menambah layanan kesehatan untuk pemeriksaan gigi dan mata.

Pada 2 Maret 2008 di Tegal, Jawa Tengah, tim doctorSHARE tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan "Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis dengan Jumlah Terbanyak (11.136 orang) pada waktu dan tempat yang sama". Pada 15 Oktober 2011, Tim DoctorSHARE kembali tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) bersama dengan BRIMOB POLRI dengan “Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis dengan Jumlah 12.580 pasien pada waktu dan tempat yang sama.


Bantuan Kemanusiaan untuk Bencana

Secara geografis, Indonesia terletak di tiga lempeng benua yang menjadikannya rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami. Pengaruh pemanasan global juga terasa pada peningkatan level air laut di pulau-pulau dan meluasnya habitat nyamuk penyebab demam berdarah. Indonesia juga rentan bencana buatan manusia seperti kebakaran hutan, longsor, dan banjir.

Risiko konflik sosial berbau SARA juga kerap terjadi. Ketika bancana alam, bencana buatan manusia, dan konflik sosial terjadi, masyarakat yang paling rentan menjadi korban adalah mereka yang pra-sejahtera dan tidak punya akses ke layanan kesehatan.

DoctorSHARE berupaya hadir di hari-hari terawal setelah bencana dan konflik terjadi dengan aktif memberikan bantuan kemanusiaan berupa layanan medis dan emergensi bagi para korban bencana alam di seluruh penjuru Indonesia.

Tim yang tergabung dalam doctorSHARE antara lain telah melakukan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh, Sumatera Utara, Mentawai, Padang, Bengkulu, Jawa Barat, Jogjakarta; gunung meletus di Malang, Kediri, dan Sumatera Utara; longsor di Sulawesi dan Manggarai, NTT; banjir di Jakarta, dan lain-lain.

Pada akhir tahun 2013, karena masifnya kerusakan yang diakibatkan oleh badai Haiyan di Filipina, doctorSHARE juga turut membantu negara tetangga Indonesia ini dengan mengirim tim medis ke wilayah yang belum terjangkau di Ilo-Ilo dan Tibiao.