30 April 2011

doctorSHARE-CCI: Selamat Mencuci Tangan dan Menyikat Gigi

Share

Pada hari Sabtu, 30 April 2011, doctorSHARE dan Care Channels Indonesia mengunjungi masyarakat di Pasar Baru, Tangerang, Banten. Kunjungan kami dalam rangka penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan untuk kedua kalinya.

Tim yang hadir adalah dr. Grace Shalmont, dr. Wiliati Suirwan, Michael Shalmont dan Briggitte K. Chandrawidjaya. Kami tiba di lokasi pada pukul 8:40 pagi. Anak-anak yang hadir berjumlah 17 anak dan orang tua mereka. Kami melihat antusiasme dan dukungan yang tinggi terhadap kegiatan ini.

Acara dimulai pada pukul 09.00 pagi. Acara dibuka dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Ibu Magda. Tema kali ini adalah cara mencuci tangan dan cara menggosok gigi yang benar. Tema ini kami angkat karena tema ini sangat mendasar bagi kesehatan masyarakat dan harus diterapkan sejak dini.

Sesi pertama dipimpin oleh dr. Wiliati Suirwan. dr. Wiliati menjelaskan bagaimana cara mencuci tangan yang benar. dr. Wiliati mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar dan diikuti oleh semua anak. Para ibu juga tidak ketinggalan mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar. Ternyata hampir semua anak dan orang tua mereka tidak akan pernah tahu persis bagaimana cara mencuci tangan yang baik, padahal hal tersebut sangat mendasar dan sangat penting dalam pencegahan penyakit.

dr. Wiliati juga menjelaskan mengapa kita perlu membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan baik, manfaat yang diperoleh, dan kerugian apa saja yang dapat dihindari. Hal yang paling penting adalah menerapkan pemikiran bagi anak-anak dan orang tua dalam kehidupan sehari-hari bahwa tangan merupakan tempat kuman dapat berkembang biak, dan akibatnya penyakit dapat timbul bagi diri kita sendiri. Mencuci tangan harus diterapkan, terutama sebelum makan, dan setelah dari toilet.

Penyuluhan dilanjutkan oleh dr. Grace Shalmont. dr. Grace membawakan penyuluhan tentang bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Penting juga untuk mencuci tangan. Secara detail, dr. Grace menjelaskan mengapa menyikat gigi yang baik itu penting, manfaat dan kerugian dalam menyikat gigi.

Frekuensi menyikat gigi saja tidak cukup dalam menjaga kebersihan mulut. Cara menyikat gigi yang baik dan benar lebih penting dalam menjaga kebersihan mulut.

dr. Grace juga mendemonstrasikan langkah-langkah dalam menyikat gigi. Anak-anak mengikutinya karena mereka sudah disarankan untuk membawa sikat gigi dari rumah.

Setelah penyuluhan selesai, kami mengajak anak-anak untuk mempraktikkannya. Kami bisa melihat, anak-anak yang sudah benar, dan yang harus mengulanginya lagi. Anak-anak sangat senang dalam praktek mencuci tangan dan menggosok gigi. Sebagian besar anak-anak bisa melakukannya dengan benar, dan membuat kami senang karena mereka mengerti dan bisa mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah selesai, kami melanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan untuk setiap anak. Menurut informasi yang kami dapatkan dari Magda, pada awalnya anak-anak masih agak sulit beradaptasi dengan program pemberian makan. Sekarang anak-anak sudah mulai menerima makanan yang telah kami tetapkan dengan empat sehat lima sempurna.

Perkembangan anak dengan baik dilihat dari berat badan dan tinggi badan meningkat dari pemeriksaan sebelumnya. Kondisi anak-anak dalam keadaan baik.

Acara selesai pada pukul. 11.30 WIB. Kami akan kembali melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan pada bulan Juni 2011.