30 Maret 2016

Pelayanan Medis doctorSHARE di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (13 – 21 Maret 2016)

Share

13 – 21 Maret  2016, tim doctorSHARE melakukan pelayanan medis perdananya dengan RSA dr. Lie Dharmawan pada tahun ini di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kabupaten ini merupakan daerah pemekaran dari wilayah Sumba Barat sejak delapan tahun silam.

 

Bertema  “Berbagi Kasih dalam Melayani Masyarakat Sumba”, pelayanan medis ini beranggotakan dua dokter spesialis, sepuluh dokter umum, empat perawat, dan empat relawan non medis. Lokasi yang dipilih adalah Lapangan Galatama dan Dermaga Waikelo yang menjadi lokasi sandar RSA dr. Lie Dharmawan. Pelayanan medis ini juga mendapat dukungan Pemerintah Daerah Sumba Barat Daya.

 

Pelayanan medis dilakukan dalam bentuk penyuluhan kesehatan “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” dan pengobatan umum yang berlangsung di Lapangan Galatama (14 Maret 2016), pemeriksaan USG dan pelatihan pada para tenaga medis di Puskesmas Watukaula (15 – 16 Maret 2016), serta bedah minor dan bedah mayor di RSA dr. Lie Dharmawan yang sandar di Dermaga Waikelo.

 

Penyuluhan kesehatan diikuti oleh sekitar 80 warga yang dilakukan sebelum berlangsungnya pengobatan umum. Jumlah pasien pengobatan umum mencapai 778 orang dengan jenis penyakit terbanyak adalah myalgia (nyeri otot), dyspepsia (nyeri perut), ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), cephalgia (nyeri kepala), dan hipertensi (darah tinggi).

 

Warga yang memeriksakan diri dengan USG (ultrasonografi) dan berkonsultasi mencapai 49 pasien yang berlangsung selama dua hari di Puskesmas Watukaula. doctorSHARE juga mengadakan pelatihan cara penggunaan alat USG bagi para tenaga medis puskesmas mengingat Puskesmas Watukaula sudah memiliki USG yang terbilang canggih sejak pertengahan 2015, namun belum pernah dipakai karena belum ada tenaga medis yang dapat mengoperasikannya.

 

Bedah minor dan bedah mayor di RSA dr. Lie Dharmawan didahului oleh proses screening medis untuk menentukan apakah calon pasien sudah memenuhi syarat operasi atau belum. Bedah minor berlangsung selama empat hari (16 – 19 Maret 2016) dengan pasien berjumlah 63 orang. Adapun bedah mayor terlaksana dalam dua hari (17 – 18 Maret 2016) dengan total 12 pasien (13 kasus).

“Pelayanan medis perdana RSA dr. Lie Dharmawan pada 2016 ini berlangsung lancar. Semoga awal yang baik ini menjadi motivasi kami untuk berkarya jauh lebih baik lagi dalam melayani saudara-saudara kita yang akses pelayanan kesehatannya masih sangat terbatas,” tutur dr. Christ Hally Santoso, koordinator pelayanan medis doctorSHARE untuk Sumba Barat Daya.