2 Juni 2016

Sharing Knowledge & Experience di Kantor Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi

Share

Rabu, 1 Juni 2016, pendiri doctorSHARE, dr. Lie A. Dharmawan, berbagi pengalamannya dalam memberikan pelayanan medis ke daerah-daerah terpencil tanah air di hadapan para hadirin yang sebagian besar merupakan pejabat Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

  1. Lie mengatakan bahwa istilah maritime medicine awalnya merujuk pada pengobatan bagi orang-orang yang bekerja di atas kapal saja. Namun istilah ini sesungguhnya dapat dimaknai secara lebih luas.

“Salah satu strategi yang dapat diterapkan sebagai solusi untuk menjangkau masyarakat daerah terpencil adalah dengan menggerakkan mobile hospital baik di darat, laut, dan udara,” ucap dr. Lie.

Upaya tersebut telah mulai dilakukan oleh doctorSHARE melalui berbagai programnya seperti Floating Hospital/Rumah Sakit Apung (pesisir/laut), Flying Doctors/Dokter Terbang (udara), dan berbagai aksi pelayanan medis di darat dengan sistem mobile clinic.

Sharing knowledge & experience ini pun diharapkan dapat menginspirasi Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam membangun daerah terpencil Indonesia dengan lebih baik.

 

Kegiatan berdurasi sekitar tiga jam di Kantor Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi – Jakarta ini digagas dalam rangka mewujudkan agenda Nawacita “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia” dan mendukung salah satu arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 tentang pemenuhan kebutuhan dasar dan kebutuhan pelayanan dasar publik.