31 Maret 2017

Flying Doctors di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya (22-25 Februari 2017)

Share

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Intan Jaya, Papua, yang dilaksanakan di Distrik Sugapa pada 15 Februari 2017, ternyata menuai konflik antara para pendukung pasangan calon. Konflik ini menyebabkan keputusan final pemenang Pilkada belum juga diumumkan hingga tim Flying Doctors datang ke lokasi ini. Konflik berujung pada pertikaian fisik antar pendukung pasangan calon hingga menimbulkan korban jiwa.

Selama di Sugapa, tim medis Flying Doctors menangani dua pasien yang datang ke tempat tim menginap. Tim melakukan pertolongan pertama dan melayani mereka semaksimal mungkin. Tim juga sempat menengok keadaan sejumlah pasien di Puskesmas Sugapa. Dokter bedah tim doctorSHARE yaitu dr. Santi membantu dokter lokal puskesmas dalam menangani beberapa pasien darurat yang memerlukan pertolongan.

25 Februari 2017, saat pesawat sudah dapat mendarat di Bandara Bilorai, Sugapa, tim kembali ke Nabire. Karena pesawat tujuan Nabire penuh, akhirnya tim menumpang pesawat Dimonim Air menuju Moanamani. Dari Moanamani, tim mengendarai mobil sewaan menuju Nabire dengan waktu tempuh 7 jam. Keesokan harinya, tim kembali ke Jakarta.

Sesuai visi-misi dan nilai-nilai yang doctorSHARE anut, tim tetap berkomitmen untuk berdiri pada jalur kemanusiaan yang netral dan independen. Kami berharap agar situasi konflik dapat tertangani dengan baik dan seluruh pihak yang terlibat berdamai sehingga kelak mempermudah aktivitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat pegunungan Papua yang selama ini kesulitan mengaksesnya, termasuk yang dilakukan oleh tim Flying Doctors doctorSHARE.