18 September 2017

Pelayanan Medis dengan RSA dr.Lie Dharmawan di Pulau Banda Neira, Maluku Tengah (6 – 10 September 2017)

Share

6-10 September 2017 doctorSHARE melakukan pelayanan medis di Pulau Banda Neira dan Banda Besar, Kecamatan Banda, Maluku Tengah. Anggota tim berjumlah 17 orang terdiri dari 13 relawan medis dan empat relawan non medis. Kegiatan kali ini bertajuk “Bersama Mewujudkan Indonesia Sehat”.

Selama pelayanan, tim telah melayani 315 pasien pengobatan umum, 21 pasien bedah mayor, dan 34 pasien bedah minor. Sebagian besar pasien pengobatan umum berasal dari Pulau Banda Besar. Sementara untuk bedah mayor, hernia masih jadi kasus terbanyak.

Tim berangkat dari Jakarta, Senin (4/9) dini hari. Tim tiba di Ambon siang harinya dan harus menunggu dua malam sebelum berangkat ke Banda Neira. Segala transportasi ke Banda Neira ditutup karena alasan cuaca. Tim terpaksa menggunakan pesawat perintis milik TNI AU Kota Ambon.
Setibanya di Banda Neira, tim segera melangsungkan balai pengobatan (BP) dan pendataan (screening) untuk operasi di RS Banda Neira. Terdata ada 82 pasien yang datang berobat. Kegiatan dilanjutkan dengan operasi mayor dan minor selama dua hari berikutnya. Pada hari Sabtu (9/9) tim berangkat ke Pulau Banda Besar untuk melaksanakan BP kedua. Tercatat setidaknya 230 pasien pengobatan umum dalam kegiatan ini.

Kegiatan pelayanan medis di Banda Neira dijadwalkan berakhir tanggal 11 September. Karena keadaan cuaca yang buruk, tim terpaksa harus kembali ke Ambon lebih awal pada Minggu (10/9). Cuaca selama pelayanan medis di Banda Neira didominasi hujan dan berawan.

Sekretaris Kecamatan Banda, Rudi Saiman mengucapkan terima kasih pada doctorSHARE atas pelayanan medis yang dilakukan. Hanya ia berharap durasi pelayanan kedepan dapat diperpanjang.

“Banda ini kan wilayah kepulauan, jadi mungkin perlu waktu lebih untuk dapat melayani setiap masyarakat di tiap pulau,” ujarnya.

Pulau Banda Neira sendiri merupakan pulau terpadat penduduknya di antara semua pulau di Kecamatan Banda. Pusat ekonomi dan pemerintahan Banda Terdapat di pulau ini. Sekitar 14.000 orang tinggal di Banda Neira, menjadikan pulau dengan jumlah penduduk nomor wahid dibanding pulau di sekitarnya.