13 Oktober 2020

Pelayanan medis untuk warga Maluku

Share

Guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di Kepulauan Aru, Maluku, Klinik Pratama doctorSHARE Kei Besar bekerjasama dengan Paroki Kepulauan Aru, melakukan pelayanan medis kepada masyarakat di Desa Beltubur dan Karey, Kabupaten Kepulauan Aru. Kegiatan ini digelar bersamaan dengan rangkaian kegiatan pertemuan guru sekolah Katolik se-Kepulauan Aru pada 9-10 oktober 2020.

Perjalanan tim menuju lokasi pelayanan tidaklah mudah, tim menemui sejumlah kendala mulai dari transportasi, cuaca dan waktu serta kondisi alam yang cukup menantang. Perjalanan menuju lokasi melewati sungai-sungai kecil yang bercabang, hingga masuk ke perairan lepas. Bahkan kapal yang digunakan tim relawan doctorSHARE sempat karam selama 18 jam akibat air laut yang surut.

Pada hari pertama, pelayanan medis dilakukan di Desa Beltubur, Kabupaten Kepulauan Aru, yang didahului dengan penyuluhan tentang pandemi covid-19 yang terus menghantui. Wargapun terlihat antusias mengikuti pelayanan medis gratis yang diinisiasi relawan doctorSHARE dengan Paroki Kepulauan Aru ini, terbukti dari data pasien yang mengikuti pelayanan sebanyak 110 warga, dengan keluhan terbanyak yakni penyakit hipertensi.

Di Desa Beltubur, tim medis menemukan sejumlah pasien dengan penyakit yang membutuhkan penanganan khusus. Diantaranya pasien berusia 20 tahun dengan kelemahan sisi kiri dengan riwayat terjatuh serta pasien 24 tahuan yang mengalami nyeri diseluruh sendi disertai demam dan ruam merah. Dengan keluhan para pasien tersebut, tim medis memutuskan untuk merujuk pasien ke Rumah Sakit dan akan ditangani oleh dokter spesialis.

Di hari kedua, tim relawan melanjutkan perjalanan ke lokasi pelayanan medis menuju desa karey, Kabupaten Kepulauan  Aru. Di desa ini, 83 warga mendapatkan pelayanan medis gratis yang diberikan oleh doctorSHARE, dengan keluhan penyakit terbanyak yakni ISPA.

“Tim Media doctorSHARE”