1 Mei 2021

Pengobatan gratis di ujung Pulau Flores

Share

Relawan doctorSHARE dengan mengerahkan RSA dr Lie Dharmawan melakukan pengobatan gratis kepada warga di ujung utara Pulau Flores, tepatnya di Desa Patisirawalang, Kabupaten Larantuka, Ntt. Pelayanan medis di wilayah 3T ini dilakukan pada 26-29 april 2021.

Perjalanan menuju lokasi bukannlah hal mudah untuk dilalui. Tim harus menempuh jalur darat  melalui bandara Larantuka selama lebih kurang 4 jam, dengan meggunakan kendaraan berpenggerak 4×4 yang disediakan puskesmas setempat. Jalan menanjak dan berbatu membuat tim harus berjibaku guna mencapai tujuan. Namun keindahan alam dan keramahan warga menghapus semua keletihan.

Setibanya di lokasi, tim relawan yang berjumlah 17 orang disambut oleh warga dengan upacara adat penyambutan,  dilanjutkan  dengan makan malam serta diarahkan untuk beristirahat di rumah-rumah warga yang telah disediakan.

Pelayanan medis di desa ini dilakukan selama 4 hari yang dilakukan di faskes setempat, di ruang operasi rsa dr lie dharmawan serta tim menerapkan sistem jemput bola dengan mendatangi ke rumah-rumah warga, yang berada di desa dan dusun-dusun di sekitar Desa Patisirawalang.

Setelah melakukan pelayanan medis di Desa Patisirawalang, Larantuka, tim doctorSHARE juga bertolak ke Pulau Adonara, Ntt melayani masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang akibat badai siklon awal maret lalu.

Selama total 7 hari melakukan pelayanan medis di Flores Timur, tim berhasil memberikan pengobatan gratis kepada 615 pasien. Diantaranya, 595 pasien umum, 10 pasien operasi minor dan 10 pasien pemasangan implan kb yang bekerjasama dengan BKKBN. Selain memberikan pengobatan gratis, tim relawan juga memberikan donasi berupa obat-obatan, pakaian, bahan makanan dan minuman serta bantuan lainnya.

“Tim media doctorSHARE”