20 Juli 2021

Misi Tak Sampai Bahenol

Share

Meski tak Bersama Bahenol, tim relawan doctorSHARE tetap melakukan pelayanan medis gratis di Desa Labuan Aji, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa, NTB. Ya, tempat inilah yang akan dituju kapal rumah sakit itu sebelum musibah tiba. RSA dr. Lie Dharmawan, karam di Perairan Bima, NTB, 16 juni lalu.

Konsep pelayanan yang tadinya akan dilakukan secara terapung lalu diubah dengan pelayanan medis gratis sepenuhnya di darat, dengan menggunakan fasilitas umum desa dan melakukan sistem jemput bola dengan langsung berkunjung ke rumah warga.

Pelayanan medis di labuan Aji, dilakukan selama 8 hari mulai 10 juli sampai 18 juli 2021. Dalam kegiatan ini doctorSHARE melibatkan 14 relawan. 9 relawan medis dan 5 relawan non medis.

Selama 8 hari melakukan pelayanan, tim berhasil memberikan pengobatan gratis kepada 352 pasien, dengan kategori 352 pengobatan umum, 19 pasien bedah minor, 12 pasien pemasangan KB Implan. Dari hasil pemeriksaan, lima penyakit terbanyak yakni Dispepsia, Mialgia, OA, Dislipidemia, dan Hipertensi.

Selain melakukan pengobatan gratis, tim juga memberikan edukasi Kesehatan kepada warga dengan topik PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat), Covid – 19 dan Vaksinasi.

Terimakasih kepada pemerintah setempat, para donor dan relawan serta semua pihak yang terlibat dalam pelayanan ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjangkau para sahabat yang jauh disana.

 

“Tim Media doctorSHARE”