30 Agustus 2021

Akhir Pelayanan RSA Nusa Waluya di Pulau Kundur, Kepri

Share

Purna sudah masa bakti Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II di Pulau Kundur – Tanjungbatu, Kab. Karimun, Prov. Kepulauan Riau. Pelayanan dimulai 21/6 dan ditutup secara resmi pada 29/08 oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, antusias masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan pengobatan gratis di RSA milik doctorSHARE ini. Hal itu terbukti dengan terlampauinya target awal jumlah pasien dan banyaknya warga yang ingin waktu pelayanan RSA Nusa Waluya II di Pulau Kundur diperpanjang.

“Masyarakat sangat antusias, pihak RSA Nusa Waluya II awalnya menargetkan sekitar dua ribu pasien yang ditangani. Namun ternyata yang berhasil ditangani mencapai lima ribu lebih pasien. Memang apabila dilanjutkan merupakan hal positif bagi warga sekitar Karimun, namun dengan terbatasnya fasilitas Kesehatan ditengah kondisi Covid-19 seperti saat ini, perlu dipahami bahwa daerah lain juga membutuhkan bantuan yang sama,” ujarnya.

Bupati Rafiq juga turut memberikan apresiasi dan terimakasih atas pengabdian yang telah diberikan oleh tim RSA Nusa Waluya II.

“Kami pemerintah daerah mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua yang terlibat, Kepala Rumah Sakit, Para medis dan Relawan atas pengabdian yang luar biasa dan pelayanan kesehatannya yang sangat baik kepada masyarakat di Kabupaten Karimun,’’ ucap Bupati Rafiq.

Selama 2,5 bulan (10 minggu) tim memberikan pelayanan medis dasar dan lanjutan dengan detail intervensi, Poli umum: 3972, IGD: 126, Rawat Inap: 82, Poli KIA: 454, Poli Gigi: 478, Operasi (mayor & minor): 228, Operasi Katarak: 108. Total: 5366 pasien.

Setelah melakukan pelayanan di Pulau Kundur, RSA Nusa Waluya II rencananya akan melanjutkan baktinya kepada warga yang ada di Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Terima kasih atas banyak bantuan dari berbagai instansi, mulai dari Pemda, Dinkes, RSUD Muh. Sani, RSUD Tanjungbatu, Puskesmas Kundur, Puskesmas Kundur Barat, Kepala Desa Sebesi, Kepala RT Sebesi, Pihak Polri-Polairud, dan TNI.

Terima kasih dan salut untuk dedikasi Tim RSA Nusa Waluya II dan 45 relawan (medis & non medis) yang sudah terlibat. Terima kasih juga kepada para donor dan semua pihak yang sudah mendukung pelayanan ini. Semoga ke depan kita makin bersinergi lagi.

 

“Tim media doctorSHARE”