20 November 2021

Pelayanan Medis Paska Bencana Karangasem, Bali

Share

doctorSHARE menurunkan tim paska bencana ke Karangasem, Bali. Pelayanan kepada para warga yang terdampak bencana gempa bumi yang terjadi pertengahan oktober lalu ini dilakukan pada 14 – 17 November 2021. Tim paska bencana Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE) didatangkan sekaligus untuk membantu dan mendukung tahap pemulihan paska bencana yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat sejak beberapa waktu lalu, khususnya dalam bidang Kesehatan.

Pelayanan medis gratis di Karangasem, Bali dilakukan di dua desa yakni Desa Pempatan, Kecamatan Rendang dan Desa Ban, Kecamatan Kubu Karangasem, Bali. Kedua wilayah ini merupakan daerah yang paling terdampak akibat gempa.

Dengan melibatkan 6 relawan medis dan nonmedis dan selama empat hari melakukan pelayanan, 234 pasien mendapatkan pengobatan dan obat – obatan gratis, dengan penyakit terbanyak yakni Arthralgia dan ISPA.

Selain memberikan pengobatan gratis, tim relawan doctorSHARE menyerahkan paket bantuan Pra Sejahtera kepada 200 kepala keluarga, berupa handsanitizer, vitamin, dan makanan ringan serta air minum.

Guna mendukung proses pemulihan paska bencana yang berkelanjutan di Kabupaten Karangasem, tim juga memberikan paket obat – obatan ke puskesmas setempat yang nantinya akan dipakai untuk menjangkau mereka yang membutuhkan.

Sebelumnya, Sabtu 16 Oktober 2021 lalu, gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 4,8 SR mengguncang wilayah Karangasem, Bali pada pukul 04.18 WITA. Berdasarkan hasil analisi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) episenter gempa tersebut berada di darat pada jarak 8 km arah barat laut Karangasem, Bali dengan kedalaman hiposenter 10 km. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di wilayah Rendang, Karangasem.

“Tim Media doctorSHARE”