12 Desember 2021

Cerita Operasi Caesar RSA Nusa Waluya II di Kotabaru, Kalimantan Selatan

Share

Proses persalinan normal merupakan impian bagi para ibu. Banyak juga keuntungan yang didapatkan melalui persalinan normal diantaranya, proses pemulihan paska melahirkan jadi lebih cepat, minim pendarahan,  tubuh bayi menjadi lebih kebal terhadap virus dan juga biaya yang lebih murah. Namun tidak semua ibu dapat melahirkan secara normal.

Mulanya Fajjira adalah salah seorang pasien Rumah Sakit Apung Nusa Waluya II di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Ia tadinya hendak memeriksakan kandungannya ke relawan dokter kandungan doctorSHARE dan berharap kondisinya baik-baik saja sehingga bisa menjalani persalinan normal.

Usai melalui serangkaian pemeriksaan termasuk tes Covid – 19, dokter menyarankan pasien untuk menjalani persalinan Caesar dengan kondisi malposisi persalinan bayi letak sungsang ditambah oligohidramnion (kehabisan ketuban).

Setelah berdiskusi dengan keluarga, pasien akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi di RSA Nusa Waluya II. Selama satu jam berada di ruang operasi, bayi laki-lakinya berhasil lahir dengan selamat. Ridwan, begitu nama yang diberikan ke pangeran mungil yang baru datang itu.

Maimunah (nenek bayi) mengaku senang dengan kelahiran cucunya.

“Terima kasih kepada tim doctorSHARE yang sudah membantu proses persalinan cucu saya,” cetus Maimuna.

Ia berharap cucunya kelak menjadi anak yang menjadi kebanggan keluarga, berguna bagi masyarakat, nusa dan bangsa.

Pada tahun 2021, doctorSHARE berfokus pada program Kesehatan Ibu dan Anak. Beberapa program dan pendekatan yang dilakukan yakni, melakukan pelatihan kepada para bidan dan ibu hamil ilmu tentang menyamankan persalinan, IMD (inisiasi menyusui dini), yoga dan senam hamil, proses laktasi kepada ibu – ibu, pemasangan KB, serta edukasi terkait asupan yang bergizi bagi ibu dan anak.

Tujuan program tersebut yakni menaikkan tingkat persalinan normal, menekan angka kematian ibu dan anak serta mencegah terjadinya stunting.