20 Desember 2021

Respon Bencana Erupsi Gunung Semeru

Share

Duka menyelimuti masyarakat Jawa Timur pada penghujung tahun 2021. Gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru, mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) cukup besar pada (4/12) lalu. Erupsi Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas hingga lahar dingin yang  mengakibatkan kerusakan parah dan banyak korban jiwa.

Untuk itu, sebanyak 8 relawan respon bencana doctorSHARE diberangkatkan ke Lumajang, Jawa Timur, guna membantu para sahabat yang terdampak bencana. 8 tim relawan tersebut diantaranya 4 dokter umum, 2 perawat dan 2 relawan non medis.

Tim respon bencana doctorSHARE melakukan pelayanan medis selama 8 hari (10 – 18 Desember 2021) yang dilakukan di Posko Bencana Candipuro, Pasirian Kabupaten Lumajang, Jatim.

Selain di Posko Bencana Candipuro, tim juga menjangkau warga dengan melakukan pelayanan dan pemberian donasi ke rumah – rumah yang tersebar lebih dari 9 desa/wilayah terdampak bencana.

Dalam kunjungan/pelayanan medis yang dilakukan selama 8 hari, total terdapat 434 Pasien termasuk operasi minor yang berhasil dilakukan, dengan penyakit terbanyak diantaranya ISPA, Myalgia, Dispepsia.

Selama melakukan pelayanan doctorSHARE bekolaborasi dengan Kesdam V Brawijaya, Kodim 0821 Lumajang, BPBD, Basarnas, Pemerintah Setempat, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Listrikklik.com serta sejumlah mitra strategis lainnya.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh relawan, donor serta semua pihak yang terlibat. Harapannya agar semua warga yang terdampak segera bangkit merajut kembali hari esok yang lebih cerah.

 

“Tim Media doctorSHARE”