27 Januari 2022

RSA dr Lie Dharmawan II Turun Laut

Share

Jakarta, doctorSHARE – Konstruksi Kapal Rumah Sakit Apung (RSA) dr Lie Dharmawan II mulai dikerjakan sejak akhir Agustus 2021, dan kini telah rampung di  pekan ke-3 Januari 2022.  Menariknya, konstruksi kapal ini dikerjakan secara manual dengan keahlian lokal masyarakat Bugis Tanjung Bira, Makasar; kemampuan yang diwariskan secara turun-temurun dari para leluhur.

Sesuai rencana, peluncuran perdana ke laut  Kapal Rumah Sakit Apung (RSA) dr Lie Dharmawan II telah dilaksanakan pada pada Senin (24/01/2022) kemarin, di perariran Tanjung Bira, Makasar. Pada momen peluncuran, rangkaian upacara adat setempat digelar di lokasi galangan kapal.

Dalam bahasa lokal upacaranya disebut “Barasanji/Baranji dan Amossi” yang artinya potong tali pusar.

“Mabbarasanji atau pembacaan Kitab Barzanji di kalangan masyarakat Bugis di Makassar termasuk bagian akulturasi,” papar Haji Ari Awan selaku pemimpin upacara sekaligus pemilik galangan kapal.

“Dengan selamatan ini kita mendoakan supaya peluncuran kapal ke laut berjalan lancar dan kelak sukses serta selamat menunaikan misi-misinya,” Pak Haji Ari Awan menambahkan.

Acara dihadiri oleh para staf dan Manajemen doctorSHARE (diwakili oleh Tutuk Utomo Nuradhy – Act Managing Director), Dandim Bulukumba Bpk. Dendi, Disaster Manajemen Center IKATek Unhas, beberapa tokoh masyarakat setempat, dan masyarakat sekitar.

“Sejak hari RSA dr Lie Dharmawan karam, doctorSHARE sudah berikrar bahwa misi menjangkau mereka yang tak terjangkau tak akan pernah berhenti. RSA dr Lie Dharmawan II yang kita saksikan hari ini menjadi pembuktiannya,” papar Tutuk Utomo.

 

Pemandangan unik setelah upacara adat adalah kapal ditarik secara manual menggunakan peralatan khas dan teknik tradisional. Diperkirakan proses penarikan kapal RSA dr Lie Dharmawan II ke laut akan selesai pada Sabtu (29/1/2022) nanti.

Selanjutnya pada Minggu pertama Maret 2022 kapal RSA dr Lie Dharmawan II rencananya akan berlayar menuju Jakarta, tepatnya ke Cilegon untuk melakukan proses instalasi alat medis. Hingga saat ini rencana pelayanan medis perdana RSA dr. Lie Dharmawan II tetap dijadwalkan di akhir Maret 2022.

***