5 April 2022

Pelayanan Medis Paska Bencana Pasaman Barat, Sumbar

Share

25 Februari 2022 lalu, menjadi momen yang tak terlupakan bagi masyarakat Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Hal itu karena daerah mereka diguncang gempa 6.1 Magnitude dan diikuti oleh gempa susulan yang datang bertubi – tubi. Tak hanya luka secara fisik, banyak diantara mereka pun mengalami trauma akibat bencana itu.

Guna membantu meringankan beban para sahabat yang terdampak gempa, tim respon bencana doctorSHARE memberikan pelayanan medis pada 28 – 31 Maret 2022 di sejumlah desa yang terletak pada Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Diantaranya posko utama Jorong Timbo Abu, Trans lokasi, Tanjung Aroh dan Mudiak Simpang.

Pelayanan yang dilakukan tim doctorSHARE melibatkan 8 relawan. 4 dokter umum, 2 perawat dan 2 relawan non medis. Selama pelayanan relawan dibagi menjadi dua tim, satu tim membuka pelayanan di posko utama pengungsian Jorong Timbo Abu, sementara satu tim lainnya melakukan pelayanan dengan sistem jemput bola, yakni dengan mendatangi ke rumah – rumah warga.

Selama empat hari melakukan pelayanan 448 pasien telah terlayani dengan penyakit terbanyak yakni ISPA dan hipertensi.

Selain memberikan pelayanan berupa pengobatan umum kepada warga, tim juga memberikan bantuan dengan total ratusan kit ibu hamil, ibu bersalin dan kit anak baru lahir. Hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud nyata kepedulian doctorSHARE tentang Kesehatan reproduksi dan Kesehatan ibu dan anak di tengah kondisi bencana.

Untuk diketahui kondisi terakhir para sahabat yang terdampak sudah berangsur pulih, meskipun masih banyak diantara mereka yang masih bertahan di tenda – tenda pengungsian akibat rumahnya mengalami kerusakan dan merasa lebih aman tinggal di tenda jika terjadi gempa susulan. Kegiatan PTM (pembelajaran tatap muka) pun tetap dilakukan di tenda darurat yang didirikan di halaman – halaman sekolah. Gempa 6.1 M ini  selain menyebabkan kerusakan di pemukiman penduduk juga mengakibatkan longsor di sejumlah titik jalan yang masih berpotensi bahaya.

“Tim Media doctorSHARE”