7 April 2023

doctorSHARE Gelar OPERASI KATARAK GRATIS di Buton Tengah

Share

Operasi Katarak Kembali sukses dilaksanakan doctorSHARE di atas Rumah Sakit Apung (RSA) berjenis tongkang, RSA Nusa Waluya II, bekerja sama dengan MNC Peduli dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI). Event katarak digelar dua hari (04-05 April) secara khusus hadir bagi msyarakat Kecamatan Mawasangka Tengah, Buton Tengah yang juga sebagai lokasi berlabuhnya RSA Nusa Waluya II.

Untuk sampai di Pelabuhan Desa Lanto, Kecamatan Mawasangka Tengah, tim maritim doctorSHARE memiliki kisah seru tersendiri. Bertolak tanggal 25 Februari 2023 dari Galangan di Makassar, dalam perjalanan menuju Buton Tengah, Kapal RSA berjenis tongkang pertama di dunia ini dihantam cuaca buruk sehingga harus ‘bersembunyi’ di balik Pulau Talaga Raya selama kurang lebih 7 jam.

Ketika  hendak melanjutkan perjalanan, jangkar kapal malah tidak bisa naik, dan membuat tim harus bekerja ekstra selama 12 jam, dan baru tiba di lokasi pelayanan pada 27/03/ 2023//

Menurut data Kementrian Kesehatan (kemkes.go.id, 2022), berdasarkan  survei Rapid Assessment of Avoidble Blindness diperkirakan 3 dari 100 orang berusia lebih dari 50 tahun mengalami kebutaan atau sekitar 1,6 juta orang dan faktor penyebab utama adalah katarak.

Pemerintah menargetkan penurunan gangguan penglihatan sebesar 25% pada 2030 dimana semua stakeholder termasuk organisasi kemasyarakatan diminta untuk ikut berperan aktif di dalamnya.

Menanggapi urgensi tersebut langkah kecil yang bisa dikontribusikan doctorSHARE dan para mitranya adalah selalu mengagendakan operasi katarak di setiap lokasi RSA bersandar.

“Tren katarak ini paling banyak kasusnya pada masyarakat pesisir,” ungkap Tutuk Utomo Nuradhy selaku Managing Director doctorSHARE. “Buton Tengah menjadi tempat kelima kami melakukan operasi katarak gratis dalam kurun waktu 2 tahun belakangan dengn total intervensi hampir seribu pasien,” tambah Tutuk Utomo.

Kali ini target pasien yang diintervensi adalah 150 orang, menyesuaikan kemampuan pembiayaan doctorSHARE.  Sementara itu antusiasme masyarakat sangat tinggi, sehingga pasien yang mendaftar untuk screening membludak mencapai lebih dari 400 orang.

Dalam pelaksanaannya, bertempat di Pelabuhan Liana Banggai, Desa Lanto, selama 2 hari (04-05 April 2023) total 154 orang pasien berhasil mendapatkan layanan operasi katarak dan intervensi mata lainnya.

Dengan mata yang masih diperban kasa setelah sukses dioperasi para pasien dan kelurga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih yang terdalam.

“Nanti saya bisa ke kebun lagi pak dokter. Selama ini saya kesulitan jalan karena dua mata ini kabur,” ungkap Arsidik (57) dengn berapi-api.

Sementara itu nenek Aminah sangat Bahagia akan bisa melihat dengan jelas wajah cucu-cucunya.

“Saya hanya tahu nama saja, tetapi wajah cucu-cucu tidak saya lihat jelas. Setelah operasi ini saya baru sungguh-sungguh bertemu dengan cucu-cucu saya,” tandas Nuriah (63) dengan suara terbata haru.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah, Kasman menyampaikan penghargaan kepada doctorSHARE dan para mitranya untuk tervensi  katarak dan  segenap layanan yang cukup lengkap yang dihadirkan oleh RSA Nusa Waluya II.

“Masyarakat cukup tunjukkin kartu identitas, semua layanan poli umum dan spesialis serta Katarak  dihadirkan dengan cuma-cuma,” ungkap Kasman.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Buton Tengah, saya sampaikan  Penghargaan dan terima kasih mendalam kepada doctorSHARE, MNC Peduli, dan semua pihak lainnya,”terang Kasman.

Selama tiga bulan ke depan RSA Nusa Waluya II akan bersandar dan melayani masyarakat Buton Tengah di  Mawasangka Tengah dan sekitarnya.

 

***