10 April 2017

Pelayanan Medis doctorSHARE Bersama SAFETY TEAM di Kampung Kohod, Tangerang (9 April 2017)

Share

Senin, 9 April 2017, tim doctorSHARE bekerjasama dengan SAFETY TEAM melangsungkan pelayanan medis dalam bentuk pengobatan umum di Kampung Kalibaru Ilir RT 07/RW 08, Pakuaji – Tangerang (Kampung Kohod) sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang sangat membutuhkannya.

Sehari-harinya, kebanyakan masyarakat Kampung Kohod bermata pencaharian sebagai buruh pabrik, buruh cuci, hingga petani penggarap sawah yang lahannya bukan milik sendiri. Kondisi finansial yang minim menuntut mereka harus bekerja keras.

Selain itu, jarak ke Puskesmas terdekat membutuhkan waktu 30 menit. Akibatnya, warga memilih mendiamkan penyakitnya jika tidak terlalu darurat. Kebutuhan akan hadirnya pelayanan medis yang layak pun menjadi sangat tinggi sehingga kami pun memutuskan melangsungkan pelayanan medis di sini.

Pengobatan umum di Kampung Kohod berlangsung dari pukul 09.30 hingga 15.00 WIB. Jumlah pasien mencapai 80 orang dengan jenis penyakit terbanyak adalah hipertensi (tekanan darah tinggi), myalgia (nyeri otot), dan dyspepsia (nyeri perut). Banyaknya penderita kaku dan nyeri otot diduga berkorelasi erat dengan jenis pekerjaan mereka sehari-hari.

Selain pengobatan umum, tim doctorSHARE juga melakukan pemeriksaan gula darah (9 orang), kolestrol (5 orang), dan asam urat (19 orang). Pada saat bersamaan, SAFETY TEAM juga membagi-bagikan bingkisan. doctorSHARE berharap kerjasama dengan SAFETY TEAM dan komunitas-komunitas lainnya dapat terus berlanjut sehingga pelayanan medis terhadap warga yang membutuhkan makin maksimal.