26 Juli 2016

Pelayanan Medis doctorSHARE dengan RSA dr. Lie Dharmawan di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat (18 – 26 Juni 2016)

Share

Pelayanan Medis doctorSHARE dengan RSA dr. Lie Dharmawan terlaksana untuk ketiga kalinya di Distrik Sausapor, Kabupaten Tambrauw pada 18 – 26 Juni 2016. Tim yang berjumlah 16 relawan terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama tiba di Sausapor pada 18 Juni 2016 untuk melakukan persiapan pemeriksaan pre-operasi (screening) pada pasien yang akan menjalani tindakan bedah.

 

Pemeriksaan pre-operasi pasien berlangsung pada 19 Juni 2016 di Puskesmas Rawat Inap Sausapor.

 

Kegiatan operasi mayor dan minor berlangsung 20 – 23 Juni 2016 di RSA dr. Lie Dharmawan yang tengah sandar di Dermaga Sausapor. Usai menjalani operasi mayor, pasien dipindahkan ke Puskesmas Rawat Inap Sausapor menggunakan mobil ambulance Puskesmas. Pasien-pasien ini kemudian diobservasi semalam. Selama empat hari, tim menangani 34 pasien bedah minor dan 21 pasien bedah mayor.

 

Rangkaian operasi berlangsung selama empat hari. Selanjutnya, tim menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan umum kepada masyarakat umum di Distrik Sausapor dan sekitarnya.

 

Penyuluhan kesehatan dan pengobatan umum berlokasi di Sekolah Dasar Inpres No. 9 Sausapor. Tim dibantu oleh petugas dari Puskesmas Sausapor. Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Ibu Kurina Murino, Kepala Puskesmas Sausapor. Kegiatan penyuluhan berlangsung mulai pukul 08.30 WIT yang dilanjutkan dengan kegiatan pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan.

 

Kegiatan pelatihan dan pemeriksaan USG (ultrasonografi) juga berlangsung pada tanggal 21 – 23 Juni 2016 di Puskesmas Rawat Inap Sausapor. Sebanyak 7 bidan dan perawat serta 2 dokter Puskesmas Sausapor turut memperhatikan dan langsung mempraktikkan cara melakukan USG didampingi dokter spesialis obgyn. Terdapat 75 pasien yang menjalani pemeriksaan USG selama kegiatan berlangsung.

 

Kegiatan pelayanan medis doctorSHARE dengan RSA dr. Lie Dharmawan di Distrik Sausapor, Kabupaten Tambrauw berlangsung dengan baik. Koordinasi terjalin harmonis antara doctorSHARE dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tambrauw yang diwakili oleh Asisten II, Bapak Yan Asyerem.

 

Pada kesempatan yang sama, doctorSHARE dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tambrauw juga menandatangani “Perjanjian Kerjasama Pelayanan Medis Tahun 2016”. doctorSHARE diwakili oleh Penganggung Jawab Umum pelayanan medis yaitu dr. Angelina Vanessa. Pemda Kabupaten Tambrauw diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tambrauw, Bapak Engelbertus Kocu.

 

Baik doctorSHARE maupun Pemerintah Daerah Tambrauw sama-sama berharap kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dapat terus berlanjut sehingga membawa manfaat yang berkesinambungan bagi masyarakat Kabupaten Tambrauw, khususnya dalam hal pelayanan medis dan pemberdayaan tenaga kesehatan lokal. (***)