23 Maret 2022

Pelayanan Flying Doctor di Waropen, Papua

Share

Bumi Sejuta Bakau,  itulah julukan Kabupaten Waropen, Papua tempat pelayanan medis yang dilakukan tim Flying Doctor doctorSHARE, 15 – 18 Maret 2022. Kabupaten Waropen, merupakan pemekaran dari Kabupaten Yapen Waropen pada tahun 2003. Secara geografis Waropen merupakan kabupaten pesisir dengan gugusan dua buah pulau kecil dan berpenduduk.

Kabupaten dengan luas daratan 2.004,87 Km2 ini masih memiliki berbagai tantangan khususnya dalam hal Kesehatan. Sarana dan prasarana medis yang minim ditambah jumlah tenaga kesehatan profesional yang terbatas. Melihat itu, doctorSHARE datang dengan misi yang sama yakni meningkatkan taraf kesehatan bagi para sahabat disana.

Pelayanan yang dilakukan tim Flying Doctor melibatkan 10 tenaga relawan, 1 dokter spesialis bedah, 3 dokter umum, 3 perawat dan 3 tenaga non medis.  Pelayanan medis dilakukan di 4 titik, yakni Puskesmas Kemonjaya, Puskesmas Urfas, Puskesmas Waren dan Puskesmas Batawa, Kabupaten Waropen, Papua.

Selama 4 hari melakukan pelayanan total pasien yang terlayani yakni, pengobatan umum 732 pasien dan operasi minor 43 tindakan. Capaian tersebut merupakan rekor terbanyak yang pernah diraih tim Flying Doctor dalam beberapa tahun terakhir. Penyakit terbanyak yang ditemukan adalah Myalgia, Hipertensi, ISPA, Pterigium, dan Gastritis. Sementara jaringan lunak hasil operasi yang dilakukan dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada bagian Patalogi Anatomi.

Selain melakukan pengobatan umum dan operasi minor, tim bekerjasama dengan UNICEF dan tenaga kesehatan setempat melakukan pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT) malaria. Hal ini dilakukan mengingat angka kasus positif malaria di Kabupaten Waropen cukup tinggi.

Dari hasil pemeriksaan kepada 357 warga ditemukan 54 kasus positif. Tindakan selanjutnya yang dilakukan adalah memberikan paket obat – obatan dan kontrol pemulihan dilakukan oleh tenaga kesehatan setempat.

 

—End—

 

“Tim Media doctorSHARE”