22 Juli 2023

Waspada Bahaya Diabetes Pada Anak, Bisa Hambat Tumbuh Kembangnya

Share

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, doctorSHARE bekerja sama dengan Mall Neo Soho menggelar talkshow yang bertujuan memberikan edukasi demi mewujudkan pola asuh yang layak pada tumbuh kembang anak dan terutama meningkatkan peran keluarga dalam menghadapi masalah status gizi pada putra-puteri mereka.

Menurut SSGI (Survei Status Gizi Indonesia 2021), prevalensi overweight atau kelebihan berat badan pada anak 0-5 tahun Indonesia berada di angka 3.8%. Memang angka ini menjadi yang terkecil bila dibandingkan dengn masalah stunting 24,4% , underweight 17%, dan wasted 7,1%.

Menyoroti prevalensi overweight atau kelebihan berat badan pada anak yang umumnya terjadi di daerah perkotaan , kali ini doctorSHARE bekerja sama dengn Mall Neo Soho menggelar talkshow dengan tema “Waspada! Bahaya Diabetes pada anak, bisa hambat tumbuh kembangnya “.

Dengan tema ini, doctorSHARE mengajak komunitas dan masyarakat Indonesia khususnya para orang tua untuk waspada terhadap penyakit diabetes pada anak yang kebanyakan bermula dari msalah overweight atau obesitas.

Bagi doctorSHARE ini merupakan bentuk konsistensi terhadap program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) sebagai salah satu program utama doctorSHARE. Meskipun di bawah stunting, wasted, dan underweight, overweight tetap menjadi ncaman atau masalah serius.

Hari Anak Nasional tahun ini merupakan peringatan ke-39 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 yang disahkan pada tanggal 19 Juli 1984. Penyelenggaraan momentum ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Tahun ini, Hari Anak Nasional 2023 mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.
Anak-anak Indonesia yang berjumlah sepertiga dari total populasi penduduk yang ada saat ini, memegang peranan strategis ketika Indonesia genap 100 tahun merdeka di tahun 2045.  Mereka adalah calon pemimpin bangsa ke depan yang diharapkan menjadi generasi emas yang cerdas, sehat, unggul, dan berkarakter, dengan bersendikan kepada nilai-nilai moral yang kuat.

***