Program Jangka Pendek

Respon Bencana

Secara geografis Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng benua yang berimbas kepada kerentanan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami. Selain bencana dari alam, bencana yang disebabkan oleh manusia seperti kebakaran hutan, banjir, dan tanah longsor juga kerap terjadi di Indonesia.

Sistem pengelolaan bencana telah dibentuk pemerintah untuk menghadapi kondisi yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Salah satu caranya adalah menggandeng beberapa pihak swasta untuk mengatasi situasi bencana. doctorSHARE tercatat sebagai mitra dalam kesiapsiagaan bencana pada klaster atau bidang kesehatan. Saat bencana terjadi dan kebutuhan akan bantuan medis diperlukan, doctorSHARE terjun langsung ke wilayah terdampak.

Lokasi:
Semua wilayah di Indonesia yang terkena dampak bencana dimana intervensi medis diperlukan.
Isu Utama

Sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau 17,508 pulau dan populasi mendekati 167 juta jiwa dengan infrastruktur dan akses yang terbatas di beberapa wilayah terpencil terutama di bidang kesehatan; menjadikan masyarakat Indonesia mengalami kerentanan pada saat bencana terjadi.

Pemerintah membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam penanggulangan bencana. doctorSHARE sebagai salah satu mitra pemerintah di bidang kesehatan, berkomitmen untuk berkontribusi membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam penyediaan layanan tanggap darurat dan rehabilitasi. Program ini bertujuan memulihkan kondisi masyarakat terdampak bencana supaya bisa kembali beraktivitas.

Solusi

doctorSHARE miliki. Program Dokter Terbang untuk wilayah pegunungan dan hutan terpencil, Rumah Sakit Apung untuk wilayah di pesisir, dan Pelayanan Medis Urban untuk lokasi bencana yang dekat dengan kantor pusat/cabang doctorSHARE.

Bantuan kemanusiaan juga diberikan dalam bentuk makanan dan atau barang sesuai kebutuhan masyarakat di lokasi bencana.
Respon Bencana
Dampak 2018
Gempa Lombok
9
Bedah minor
594
Pelayanan medis
Gempa Palu
4542
Pelayanan medis umum
64
Pelayanan Poli Bedah
485
Pelayanan Poli Obgyn
16
Persalinan kelahiran
41
Bedah mayor
102
Bedah minor
557
Pelayanan gigi
662
Trauma healing
Respon Bencana
Dampak 2019
Gempa Banten-Lampung (Krakatau)
8
Bedah minor
423
Pelayanan medis umum
Banjir Sentani
210
Pelayanan medis umum
Tim
Ukuran tim
Rata-rata 3-22 personel medis dan non-medis (tergantung pada besarnya bencana)
3 karyawan tetap
7-12 sukarelawan
Tim Medis
– Dokter Umum
– Perawat
– Apoteker
Tim Non-Medis
– Videografer
– Fotografer
– Logistik

Dukung doctorSHARE

100% dari donasi Anda digunakan untuk mendukung biaya operasi doctorSHARE.